Kamis, 22 Oct 2020
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Peserta Ini Ogah ke Kantor BPJS Kesehatan, Ini Sebabnya

Punya Mobile JKN

18 September 2020, 18: 06: 32 WIB | editor : Adi Nugroho

Peserta Ini Ogah ke Kantor BPJS Kesehatan, Ini Sebabnya

Share this          

KEDIRI - Ditto Pradibta Adiwira, 28, adalah contoh peserta JKN-KIS yang enggan mendatangi Kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus administrasi kepesertaan. Pria yang akrab disapa Ditto ini memilih untuk memanfaatkan aplikasi Mobile JKN ketimbang datang ke Kantor BPJS Kesehatan saat merubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pilihannya. Hal ini dilakukan oleh Ditto untuk mencegah penularan Covid-19 yang kembali merebak akhir-akhir ini.

“Sebisa mungkin saya menghindari layanan tatap muka supaya tidak tertular dan menulari. Apabila bisa diakses melalui gawai, lebih baik gunakan gawai saja,” ujar Ditto.

Sebagai kaum milenial, Ditto sudah terbiasa menggunakan layanan publik berbasis teknologi. Bagi Ditto, tersedianya aplikasi gawai sudah menjadi syarat mutlak agar sebuah layanan bisa disebut mudah dan praktis.

“Tanpa layanan di gawai rasanya kurang pas bila sebuah layanan bisa disebut mudah dan praktis. Menurut saya BPJS Kesehatan keren sih bisa bikin aplikasi modern seperti ini,” tambah Ditto.

Melanjutkan ceritanya, selain memanfaatkan layanan Mobile JKN Ditto juga pernah memanfaatkan layanan CHIKA (Chat Assistant JKN) untuk mengecek kepesertaan JKN-KIS milik rekan kerjanya. Untuk memanfaatkan layanan tersebut Ditto cukup mengirimkan pesan ke 08118750400 pada aplikasi Whatsapp di gawainya.

“Layanan ini merupakan yang termudah menurut saya karena kita bisa cek kepesertaan dan tagihan secara mudah sekali. Kedepannya semoga ada pengembangan lagi untuk layanan ini, mungkin bisa pendaftaran peserta atau pindah FKTP,” harap Ditto.

CHIKA adalah layanan berbentuk chat interaktif yang dapat diakses melalui aplikasi Whatsapp, Telegram dan Facebook Messenger. Inovasi ini diluncurkan oleh BPJS Kesehatan pada awal semester satu tahun 2020. Peserta yang ingin mengakses layanan ini dapat mencobanya dengan mengirimkan chat ke 08118750400 atau ke akun Facebook resmi BPJS Kesehatan RI. Chat yang terkirim akan ditanggapi oleh sistem Artifficial Inteligence (AI) yang memberikan layanan dengan cepat dan akurat. 

Sementara itu Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Kantor Cabang (KC) Kediri David Sulaksmono menghimbau agar masyarakat memprioritaskan layanan interaktif melalui telepon dan sistem daring. Ditemui di kantornya (14/9), David menjelaskan bahwa layanan yang paling sering diakses oleh Peserta telah diakomodir di aplikasi Mobile JKN dan Care Center 1500400.

“Mulai dari pendaftaran, perubahan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama FKTP), cek tagihan, dan penyampaian keluhan dapat diakses lewat Mobile JKN dan Care Center 1500400. Masyarakat diharapkan menghindari layanan tatap muka mengingat kondisi pandemi saat ini,” terang David. 

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia