Sabtu, 19 Sep 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Siapkan Puluhan Miliar untuk Gaji Ke-13 PNS

Pencairan Masih Tunggu PP Turun

06 Agustus 2020, 20: 49: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

ANTRE: Sejumlah ASN Pemkab Nganjuk melakukan absen finger print. Agustus ini mereka direncanakan menerima gaji ke-13.

ANTRE: Sejumlah ASN Pemkab Nganjuk melakukan absen finger print. Agustus ini mereka direncanakan menerima gaji ke-13. (rekian- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Ini kabar gembira bagi aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Nganjuk. Agustus ini gaji ke-13 untuk ribuan abdi negara di Kota Angin sudah disiapkan. Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menyiapkan dana Rp 43,6 miliar untuk pencairannya. 

Data yang dihimpun koran ini menyebutkan, dana puluhan miliar tersebut akan diberikan kepada ribuan PNS eselon III dan IV. Adapun khusus pejabat eselon II atau para kepala dinas tidak mendapatkan tunjangan itu. 

Kepala BPKAD Nganjuk Karti­mah yang dikonfirmasi terkait pencairan gaji ke-13 PNS berujar, anggaran untuk pencairannya sudah disiapkan. “Pencairannya tinggal menunggu PP (peraturan pemerintah tentang gaji ke-13, Red),” ungkap Kartimah.

Perempuan berjilbab itu menje­laskan, hingga kemarin pemkab masih menunggu PP tersebut turun. Sebab, PP itu pula yang jadi acuan pencairan tun­jangan bagi para pegawai golongan I, II, III, dan IV. Sebelumnya, pemerintah sudah merevisi dua PP. Yakni, PP No. 35/2019 dan PP No.38/2019 tentang pemba­yaran gaji, pensiun atau tun­jangan ke tiga belas PNS. 

Berapa besaran gaji ke 13 yang akan diterima PNS? Ditanya demikian, Kartimah menyebut nilai yang beragam. Tergantung masa kerja dan golongannya. Dia mencontohkan, pegawai golongan I akan menerima paling rendah Rp 1,56 juta sampai yang tertinggi Rp 2,58 juta. “Pegawai golongan I ini merupakan lulusan SD dan SMP,” terangnya.

Selanjutnya, golongan II yang merupakan lulusan SMA sampai D3 akan menerima sebesar Rp 2,02 juta hingga Rp 3,82 juta. Ada pula golongan III yang bisa menerima dari Rp 2,57 juta sampai Rp 4,60 juta.

Terakhir PNS golongan IV yang akan menerima dana paling banyak. Yakni, mulai Rp 3,04 juta hingga Rp 5,90 juta. “Kisarannya senilai itu. Tetapi nanti tergantung masa kerjanya,” urai Kartimah.

Lebih jauh Kartimah me­nyebut, untuk detail lebih jauh pihaknya masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari salinan PP. Apalagi, hingga kemarin dia mengaku belum tahu tunjangan mana saja yang akan diikutkan dalam pem­berian gaji ke 13 ini nanti. 

Dikatakan Kartimah, selama ini gaji ASN terdiri dari beberapa komponen. Di antaranya, tunjangan untuk anak, suami atau istri untuk yang sudah menikah. Besaran tunjangan suami atau istri sebesar lima persen dari gaji pokok. 

Kemudian tunjangan anak ditetapkan sebesar dua persen dari gaji pokok per anak untuk maksimal tiga anak. Terakhir, ada pula tunjangan jabatan yang besarnya tergantung jabatan masing-masing pegawai. 

Sementara itu, meski pencairan gaji ke-13 belum bisa dipastikan waktunya, sejumlah ASN di Kota Angin langsung menyambut dengan gembira. Dn, 40, salah satu ASN di Pemkab Nganjuk mengaku sudah menunggu pencairan tunjangan tersebut. “Biasanya kan cair Juli. Alhamdulillah kalau bisa cair Agustus ini,” tutur salah satu pegawai di sekretariat ini. 

Lebih jauh Dn menjelaskan, dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang, kebutuhan yang harus dipenuhi semakin tinggi. Termasuk untuk kebutuhan sekolah anak-anaknya. “Semoga bisa segera cair,” harapnya. 

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia