Selasa, 11 Aug 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Tunggu Pilihan Bupati Novi

Pansel Kirim Tiga Nama Pejabat ke KASN

30 Juli 2020, 13: 05: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

tabel seleksi sekda

tabel seleksi sekda (dedi nurhamsyah- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Bola pemilihan sekretaris daerah (sekda) kini berada di tangan Bupati Novi Rahman Hidhayat. Pasalnya, panitia seleksi (pansel) telah melaporkan hasil seleksi yang mengerucut pada tiga nama pada orang nomor satu di Pemkab Nganjuk itu. Yaitu, Kepala Dinas Pendidikan Mokhamad Yasin, Kepala Dinas Perhubungan Nur Solekan, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sopingi. 

Usai melaporkan hasil seleksi kepada Bupati Novi Rahman Hidhayat, sekretariat pansel juga mengirimkan nama-nama pejabat eselon II yang lolos seleksi itu ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan ke Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. 

Ketua Sekretariat Pansel Agus Heri Widodo berujar, pengiriman berkas tiga pejabat itu ke KASN dan gubernur, sekaligus untuk melaporkan jika proses seleksi sudah dilakukan dengan benar dan tidak ada masalah. “Yang ke KASN kami kirim via email,” ungkap Agus.

Setelah nama-nama mereka disetujui oleh Gubernur Jatim dan KASN, menurut Agus tinggal kewenangan Bupati Novi untuk memutuskan kandidat mana yang akan mendampinginya sebagai sekda.

Bupati Novi, lanjut Agus, bisa memanggil tiga kandidat tersebut untuk melakukan wawancara tertutup. Terlepas dari tahapan itu, orang nomor satu di Pemkab Nganjuk itu hanya memiliki waktu selama lima hari untuk menentukan pilihan. 

Untuk diketahui, usai melakukan uji kompetensi, panitia seleksi sekda yang diketuai oleh Kepala Kantor Regional (Kanreg) Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jatim Tauchid Djatmiko memutuskan tiga kandidat sebagai orang yang terpilih. Yakni, Mokhamad Yasin, Nur Solekan, dan Sopingi.

Adapun empat kandidat lain, yaitu Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP), Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPRKPP) Nafhan Tohawi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Gunawan Widagdo, dan Kepala Dinas Pertanian Judi Ernanto tidak melaju ke tahap selanjutnya. 

Sementara itu, jelang penentuan pejabat yang akan mengisi posisi sekda, tiap kandidat memiliki keyakinan masing-masing. Meski demikian, mereka menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Bupati Novi.

Kepala Dinas Pendidikan Mokhamad Yasin mengatakan, jika memang dirinya mendapat amanah, dia mengaku siap menjalankannya dengan penuh tanggung jawab. “Menunggu keputusan Pak bupati. Itu (penentuan sekda, Red) adalah hak prerogatif Pak bupati. Beliau punya banyak pertimbangan,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Nur Solekan berujar, dirinya juga patuh pada keputusan pimpinan. “Sami’na wa atho’na, Mas,” ujarnya sembari menyebut apapun keputusan bupati akan dipatuhi.

Senada dengan dua kandidat lain, Kepala BKD Sopingi juga menyerahkan sepenuhnya pilihan pejabat sekda kepada Bupati Novi. Dia yakin suami Yuni Rahma Hidhayat itu memiliki banyak pertimbangan untuk memilih sekda. 

“Saya pikir semua komponen itu bisa jadi pertimbangan pimpinan,” terang Sopingi sembari membeber sejumlah capaian saat dirinya menjabat kepala BKD.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia