Selasa, 11 Aug 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik
SELEKSI SEKDA

Lolos Verifikasi, Tujuh Pendaftar Akan Ikuti Wawancara

28 Juli 2020, 14: 30: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

KOORDINASI: Petugas sekretariat membahas rencana tes lanjutan yang berlangsung di BKD Provinsi Jatim.

KOORDINASI: Petugas sekretariat membahas rencana tes lanjutan yang berlangsung di BKD Provinsi Jatim. (rekian- radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Sebanyak tujuh calon sekretaris daerah (sekda) bisa melenggang ke tahapan seleksi selanjutnya. Ini setelah berkas mereka dinyatakan memenuhi syarat dalam proses verifikasi. Selanjutnya, para pejabat eselon II itu akan mengikuti tahap tes wawancara. 

Ketua Sekretariat Panitia Seleksi Agus Heri Widodo mengatakan, setelah berkas tujuh pendaftar dinyatakan memenuhi syarat, mereka akan mengikuti uji kompetensi bidang teknis dan sosio kultural. Jadwal ini dipercepat dan akan dilaksanakan Selasa (28/7) nanti. “Nanti akan mengikuti ujian penilaian dan presentasi makalah. Diikuti uji gagasan dan wawancara,” ujar Agus.

Ujian tersebut menurut Agus akan digelar di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jatim. Dalam sesi ujian tatap muka itu, terang Agus, tiap peserta akan diuji satu per satu.

Untuk diketahui, tujuh pejabat eselon II yang mendaftar dalam seleksi sekda adalah Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Mokhamad Yasin, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Gunawan Widagdo, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk Sopingi. Kemudian, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Nur Solekan, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Nafhan Tohawi, Kepala Dinas Pertanian (Dispertan) Judi Ernanto, dan Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Suharono. 

Mereka akan mengikuti ujian mulai pukul 08.30 hari ini. Apa saja yang akan diujikan? Terkait materi Agus mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada penguji. Namun, tahapannya peserta akan diminta presentasi makalah diikuti dengan uji gagasan dan interview. 

Disampaikan Agus, semua peserta yang ikut seleksi sudah lulus uji kompetensi. “Salah satu syarat memang uji kompetensi pada tahun 2019 lalu,” jelas Agus sembari menyebut dalam uji kompetensi lebih banyak mendalami kemampuan manajerial. 

Sesuai tahapan, jelas Agus, dari tujuh peserta nanti akan diambil tiga orang dengan nilai tertinggi. Selanjutnya, pansel akan mengajukkan tiga nama tersebut kepada Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. “Ditindaklanjuti dengan pelaporan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Jakarta dan laporan ke Gubernur Jatim  untuk dapat persetujuan tertulis,” beber Agus. 

Semua proses seleksi diharapkan bisa selesai sebelum tanggal 4 Agustus. “Dari jadwal yang sudah ditetapkan, 4 Agustus nanti sudah dilakukan pelantikan untuk Sekda definitif,” imbuh Agus sembari menyebut masa jabatan pj sekda yang dipegang Nur Solekan juga akan berakhir saat itu.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia