Kamis, 13 Aug 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Pasien Covid-19 Dirawat di Pu Sindok

Dampak Overload-nya Tiga RS Rujukan

13 Juli 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Korona

Perkembangan Korona (Ilustrasi: Afrizal Saiful Mahbub - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Tiga rumah sakit rujukan di Nganjuk tidak bisa lagi menampung pasien positif Covid-19 alias sudah overload. Akibatnya, selama beberapa hari terakhir RS Darurat Covid-19 Pu Sindok yang biasanya hanya digunakan untuk merawat pasien reaktif, kini juga merawat pasien terkonfirmasi korona.

Data yang dihimpun koran ini menyebutkan, pada Sabtu (11/7) lalu total ada 15 orang yang dirawat di RS Darurat Covid-19 Pu Sindok. Dari jumlah tersebut, tujuh di antaranya adalah pasien terkonfirmasi positif. Adapun delapan lainnya berstatus orang tanpa gejala (OTG).

Ketua Tim Penanggulangan Virus Korona RSUD Nganjuk dr Mei Budi Prasetyo yang dikonfirmasi tentang overload-nya RSUD Nganjuk tidak bisa membeberkan secara rinci. “Mungkin,” Ujar Mei sembari menyebut dirinya belum mengecek kondisi ruangan pasien Covid-19 terbaru.

Korona

Perkembangan Kasus Korona (Ilustrasi: Afrizal Saiful Mahbub - radarkediri.id)

Terpisah, Kabag Tata Usaha RSUD Kertosono Agus Zainal membenarkan jika RS milik Pemkab Nganjuk itu overload. “Sudah full,” ujarnya singkat.  

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nganjuk dr Hendriyanto yang dikonfirmasi koran ini tentang kondisi RSUD Nganjuk, RSUD Kertosono, dan RS Bhayangkara menyebut dirinya harus memastikan terlebih dahulu kapasitas dan kondisi ruangan di masing-masing rumah sakit. “Ada tiga rumah sakit. Kami harus cek dulu detailnya,” terang Hendri.

Meski Hendri belum bisa menjelaskan secara detail, rilis tentang jumlah pasien kasus Covid-19 yang termuat di situs resmi Pemkab Nganjuk memastikan jika tiga RS rujukan di Nganjuk memang tidak lagi bisa menampung pasien baru. Di sana disebutkan jika RSUD Nganjuk merawat total 40 orang. Yaitu, 37 pasien berstatus tiga pasien dalam pengawasan (PDP).

Selanjutnya, RSUD Kertosono merawat 27 pasien. Yaitu, 10 pasien positif Covid-19, 11 PDP, dan enam orang tanpa gejala (OTG). Adapun RS Bhayangkara merawat 14 pasien yang terdiri dari tujuh pasien Covid-19 dan tujuh PDP.

Dari puluhan pasien yang dirawat di tiga rumah sakit tersebut, menurut Hendri kemarin ada satu pasien yang dinyatakan sembuh. Yakni, perempuan berusuia 24 tahun asal Sawahan. Pasien terkonfirmasi positif ke-50 ini menjalani perawatan di RSUD Nganjuk.

Dengan pulangnya satu pasien di RSUD Nganjuk, total pasien korona di Nganjuk yang sembuh sebanyak 45 orang. Selanjutnya, 72 pasien positif lainnya masih dirawat di sejumlah RS. Sedangkan 15 lainnya meninggal dunia.

Untuk diketahui, selain kesembuhan satu pasien tersebut, jumlah PDP kemarin bertambah tujuh orang menjadi 191 kasus. Adapun orang dalam pemantauan (ODP) kemarin mencapai 110 kasus. Selanjutnya, OTG menjadi 2.699 kasus, dan yang terbanyak orang dalam risiko (ODR) mencapai 46.862 orang.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia