Kamis, 13 Aug 2020
radarkediri
Home > Features
icon featured
Features

Tagih dengan Lepas Seragam

12 Juli 2020, 15: 35: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

kutipan

kutipan (rekian- radarkediri.id)

Share this          

Sementara itu, macetnya keuangan koperasi khususnya KSP dan KSU terjadi sejak tiga bulan mulai dari April lalu. Penundaan pembayaran yang mestinya hanya berlaku bagi mereka yang terdampak dipukul rata bagi semua anggota yang mengambil kredit. Parahnya lagi, terjadinya penolakan pembayaran yang dilakukan anggota dengan dalih pemasangan poster larangan masuk dari desa. 

Penolakan dengan cara melarang penagihan itulah yang membuat koperasi menjadi terganggu. Agar koperasi tetap jalan, beberapa karyawan yang bekerja di lapangan harus menggunakan caranya sendiri agar tetap bisa mendapatkan tagihan dari anggota. “Salah satu cara yang paling populer agar bisa bertemu dengan anggota saat penagihan adalah dengan melepas seragam,” ucap ManaJer KSP Sentral Niaga Adi Basuki. 

Bagi Adi, penggunaan seragam hanya bisa menghambat mereka untuk menjalankan tugas di lapangan. Semua karyawan yang bekerja di lapangan tidak ada yang pakai sepatu. Mereka semua menggunakan sendal dan berpakaian seperti warga biasa. “Dengan cara seperti itu mereka bisa bertemu dengan anggota, beda kalau pakai seragam bisa diusir sama warga,” bebernya. 

Sudah banyak kejadian karyawan koperasi di lapangan diusir selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bagi Adi, anggota memanfaatkan masa pendemi ini untuk menghidar ketika ada penagihan ke rumah. Padahal, beberapa desa belum masuk dalam kategori zona merah dan anggota bukan termasuk pasien yang terpapar virus.

Seperti yang diungkapkan Kepala Disnakerkop UM Agus Frihannedy kebanyakan dari anggota yang mengambil kredit masih bisa beraktifitas seperti biasa. Lokasi tempat tinggal mereka juga masih masuk dalam zona hijau. “Mereka ini tidak termasuk orang yang terdampak langsung, apalagi masih bisa bertani dan ke sawah untuk menanam,” bebernya. Hal inilah yang membuat koperasi tetap menerapkan aturan yang sama dengan hari-hari biasa.(rq/baz)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia