Jumat, 07 Aug 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Warga Takut Pengajuan Keberatan Ditolak PN

Belum Dapat Berita Acara Penolakan Appraisal

11 Juli 2020, 13: 30: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

TANGAN KOSONG: Sukri dan Warsito keluar dari kantor BPN Nganjuk tanpa membawa berita acara penolakan appraisal.

TANGAN KOSONG: Sukri dan Warsito keluar dari kantor BPN Nganjuk tanpa membawa berita acara penolakan appraisal. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Perwakilan warga Desa Tritik dan Desa Sambikerep, Rejoso yang mengambil berita acara penolakan hasil appraisal di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kediri kemarin harus pulang dengan tangan hampa. Sebab, pihak BPN mengaku akan menyerahkan berita acara saat proses gugatan di pengadilan. Warga pun lantas merasa khawatir gugatan mereka akan ditolak oleh Pengadilan Negeri (PN) Nganjuk.

Pantauan koran ini, kemarin ada dua orang perwakilan warga yang mendatangi BPN Kabupaten Nganjuk untuk mengambil berita acara. Mereka adalah Sukir, 52, kepala Dusun Kedungnoyo, Desa Tritik; dan Warsito, 48, pelaksana tata usaha Desa Sambikerep. “Berita acara ini dasar mengajukan gugatan. Ternyata tidak mendapat berita acara. Kami takut saat mengajukan gugatan nanti ditolak,” ujar Sukri.  

Begitu tiba di kantor BPN, keduanya memang mendapat penjelasan dari petugas jika berita acara hanya bisa diminta oleh pengadilan. “Kami (warga terdampak, Red) yang menolak nilai dari appraisal diminta segera mendaftar ke pengadilan tanpa membawa berita acara,” sambung Warsito.

Terpisah, Gemmy Bagus, salah satu kuasa hukum warga terdampak mengaku kecewa karena warga tidak mendapatkan berita acara. Pasalnya, sebelumnya Kepala BPN Nganjujk Edison Lumban menjanjikan memberikan salinan berita acara. “Kami akan tetap mengajukan keberatan secepatnya,” jelas Gemmy.

Sementara itu, Kepala BPN Edison Lumban Batu menjelaskan berita acara akan dibawa saat di pengadilan. “Pasti diminta hakim,” tegasnya. Dia balik memper­tanyakan sikap warga yang selalu mendesak terkait berita acara. Dia menyarankan agar warga terdam­pak segera mengajukan keberatan ke pengadilan.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia