Sabtu, 15 Aug 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Awasi Kampung Tangguh

10 Juli 2020, 15: 18: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

Kampung

MONITORING: Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto mengecek area tanaman obat keluarga di Kampung Tangguh di Desa Gempol, Rejoso kemarin siang. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

Sementara itu, Polres Nganjuk berupaya memaksimalkan peran Kampung Tangguh Semeru untuk menekan penyebaran Covid-19. Salah satunya, dengan melibatkan bintara pembina desa (babinsa) dan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban (bhabinkamtibmas) untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di kampung-kampung percontohan itu.

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto mengungkapkan, dirinya tak ingin Kampung Tangguh hanya jadi seremoni. Karenanya, pengawasan di lapangan diperketat. Salah satunya lewat aplikasi Kampung Tangguh Semeru.

Handono menegaskan, dirinya tak ingin program positif ini hanya manis di bibir saja. “Sekarang sudah ada aplikasinya. Untuk pengawasan dan pelaporan di lapangan kami melibatkan bhabinkamtibmas dan babinsa setempat,” ujar Handono saat mengunjungi Kampung Tangguh Semeru Desa Gempol, Rejoso kemarin siang.

Dengan adanya pengawasan dan pelaporan tersebut, efektivitas dan tujuan inti dari program semakin tepat sasaran. Terlebih, aplikasi langsung terhubung dengan jajaran Polda Jatim.

Selain peran dari pihak jajaran, Handono melakukan pengawasan di lapangan. Pasalnya, jika Kampung Tangguh dimanfaatkan dengan serius akan berbuah positif. “Buktinya, di sini (Desa Gempol) angka penyebaran Covid-19 tercatat zero (nol, Red). Baik pasien positif, reaktif, maupun orang dalam pemantauan (ODP),” tandas orang nomor satu di Polres Nganjuk tersebut.

Menurutnya, hal itu bisa dicapai dengan beberapa syarat. Selain sarana dan prasarana yang disiapkan dengan baik, kepedulian dan kepatuhan masyarakat juga jadi poin penting.

Seperti diberitakan sebelumnya, di Nganjuk total ada lebih dari 200 Kampung Tangguh. Dari jumlah itu, Desa Gempol, Rejoso dinobatkan sebagai juara Kampung Tangguh Semeru tingkat kabupaten.

Kemarin Handono dan Dandim 0810 Nganjuk Letkol Kav Joko Wibowo menebar benih ikan lele di sana. “Kolamnya ini milik desa. Semoga dengan ini bisa dimanfaatkan untuk mendukung ketahanan pangan desa agar mandiri,” jelas Handono.

Lebih jauh, ia berharap bahwa desa dan kelurahan lainnya dapat meniru atau mengadopsi hal tersebut. “Ini stimulan. Alangkah lebih bagus kalau daerah lainnya juga tergerak untuk menciptakan desa yang tangguh,” pungkas perwira dengan dua melati emas tersebut.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia