Sabtu, 15 Aug 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Diamuk Massa lalu Motor Dibakar

Maling Brambang Tepergok Mencuri

09 Juli 2020, 09: 45: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

Brambang

PESAKITAN: Kapolsek Gondang AKP Alex Candra menginterogasi Dahlan di Mapolsek Gondang sabtu (4/7) siang. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

GONDANG, JP Radar Nganjuk- M. Dahlan, 38, babak belur diamuk massa Desa Nglinggo, Kecamatan Gondang, Jumat lalu (3/7). Pemicunya, pria asal Desa Getas, Tanjunganom tersebut kedapatan mencuri satu karung bibit bawang merah milik Suwaji, 45, warga setempat.

Kapolsek Gondang AKP Alex Candra mengatakan, kejadian tersebut berlangsung sekitar pukul 22.00. Malam itu, Dahlan yang mengendarai sepeda motor Honda Beat miliknya, langsung melancarkan aksinya.

“Sebelum beraksi pada malam hari, sorenya pelaku sudah berkeliling Desa Nglinggo untuk mencari target,” ujar Alex kepada Jawa Pos Radar Nganjuk sabtu (4/7) siang.

Maling

Pelaku Pencurian (radarkediri.id)

Kepada polisi, pelaku mengatakan melihat ada satu karung bibit bawang merah milik Suwaji yang dijemur di samping pekarangan rumah. Dahlan akhirnya tergiur untuk mencuri bawang merah seberat sekitar 60 kilogram (kg) tersebut. “Sekitar pukul 20.00, pelaku berangkat dari rumahnya untuk beraksi,” imbuhnya.

Setibanya di rumah korban, Dahlan langsung melancarkan niat jahatnya tersebut. Saat mengendap-endap untuk mencuri bibit bawang merah itu, Suwaji mengetahuinya.

“Pemilik rumah tahu kalau pelaku akan mencuri bibit bawang merah tersebut. Akhirnya, korban memberitahu tetangga dan warga sekitar,” sambung perwira dengan tiga balok emas tersebut.

Warga setempat pun langsung memergoki pelaku. Dahlan yang tak menduga akan disergap warga berusaha melarikan diri. Namun, pelarian tak begitu jauh. Dia bisa dihentikan warga dan tak bisa mengelak lagi.

Bahkan, warga yang kesal, melampiaskan kemarahannya dengan menghakimi pelaku yang sehari-hari bertani itu beramai-ramai. Tak hanya melampiaskan kemarahan kepada pelaku saja. Sepeda motor yang digunakan Dahlan juga tak luput dari amuk warga di sana.

“Pelaku sempat diamuk dan sepeda motornya dibakar massa. Akhirnya, pelaku kami amankan ke Mapolsek Gondang,” papar Alex. Tak hanya mengamankan pelaku, bibit bawang merah curian tersebut juga dibawa ke Polsek Gondang.

“Sepeda motornya juga kami amankan di belakang sebagai barang bukti,” tandasnya.

Kepada penyidik, Dahlan mengaku nekat melakukan aksi pencurian tersebut lantaran sedang sepi pemasukan. Dia berdalih kondisi ekonominya sedang kembang-kempis. “Katanya untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari akhirnya nekat mencuri,” pungkas Alex.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia