Kamis, 13 Aug 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Tak Pernah Stop Swab

Hasil Pemeriksaan Banyak yang Belum Keluar

05 Juli 2020, 15: 10: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

TEMPAT-TEMPAT YANG JADI SASARAN PATROLI

TEMPAT-TEMPAT YANG JADI SASARAN PATROLI (Ilustrasi : Afrizal Saiful Mahbub)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri tak pernah membatasi swab test. Deteksi virus melalui air liur itu  masih tetap dilakukan karena penting untuk pengendalian pandemi korona.

Penegasan itu diberikan oleh Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Kediri Slamet Turmudi. Sekaligus menampik adanya isu yang menyebutkan pemkab sengaja membatasi pelaksanaan swab test.

Menurut Turmudi, beberapa pekan terakhir ini pengumuman hasil swab memang belum banyak yang keluar. “Karena masih menunggu antrean laboratoritum rujukan di Surabaya,” terangnya.

Contohnya hasil swab yang dilakukan 20 dan 22 Juni baru keluar 3 Juli. “Jadi kendalanya hanya di laboratorium rujukan,” bebernya.

Lelaki yang juga pelaksana tugas (plt) Kepala BPBD Kabupaten Kediri ini mengharap mesin PCR otomatis bantuan dari BNPB untuk Kabupaten Kediri bisa segera difungsikan. Agar mereka bisa memotong antrean. Saat ini pengoperasian mesin tersebut masih proses kelengkapan sarana dan prasarananya oleh RSUD Kabupaten Kediri (RSKK).

Isu terkait pembatasan swab tersebut juga ditampik oleh Jubir GTPP dr Ahmad Chotib. Ia menegaskan bahwa pemerintah sejauh ini sudah melaksanakan penanganan Covid-19 sesuai pedoman yang dikeluarkan GTPP  Covid-19 Pusat. “Termasuk pemeriksaan swab. Semua dikerjakan sudah sesuai  dengan SOP (standart operating sistem),” tegasnya.

Yang jelas, Chotib memastikan bahwa semua yang digariskan oleh gugus tugas pusat maupun provinsi sudah dilaksanakan. “Sebagai bukti adalah hasil swab test yang keluar lusa yakni ada penambahan 27 kasus positif baru. Itu merupakan hasil swab test kami,” tandas pria yang juga kepala Puskesmas Puncu tersebut.

Chotib memastikan bahwa masih banyak hasil swab test yang belum keluar. Hingga saat ini GTPP juga masih menunggu hasil tersebut.

Hal senada juga dipertegas oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr Bambang Triyono Putro. Sejauh ini untuk pemeriksaan swab di Kabupaten Kediri tidak ada masalah. “Bahkan Kabupaten Kediri baru saja dapat mesin PCR. Artinya akan lebih masif bila sudah difungsikan,” ungkapnya.

Untuk mesin tersebut akan ditaruh di RSKK dan saat ini dalam kesiapan penataan SDM dan ruang laboratoriumnya. Bambang memastikan bahwa proses swab test ini menjadi penting karena sebagai acuan untuk pelacakan lebih lanjut. Serta sebagai upaya percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri. (din/fud)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia