Kamis, 13 Aug 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Satreskrim Pelajari Juklak dan Juknis

03 Juli 2020, 15: 10: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

Berkas

Kasatreskrim Polres Nganjuk Iptu Nikolas Bagas Yudhi Kurniawan (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Satreskrim Polres Nganjuk terus mendalami polemik kualitas beras bantuan sosial di Kota Angin. Kini, polisi sedang mempelajari serangkaian berkas dan dokumen terkait penyaluran bansos tersebut.

“Termasuk petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) pemberian bantuan tersebut,” ujar Kasatreskrim Polres Nganjuk Iptu Nikolas Bagas Yudhi Kurniawan saat ditemui Jawa Pos Radar Nganjuk di ruangannya kemarin.

Pemeriksaan berkas, lanjut Nikolas, untuk mengetahui apakah ada penyelewengan atau tidak. Ditanya terkait hasil pemeriksaan berkas, perwira yang sebelumnya bertugas di Polda Jatim itu mengaku belum bisa mengungkapkan secara terbuka.

Nikolas menyebut, pihaknya masih perlu melakukan pendalaman lanjutan. Ia mengaku, tidak ingin gegabah dalam mengambil kesimpulan maupun analisa di lapangan. “Masih terus kami lakukan pemeriksaan,” lanjut pria kelahiran Jogjakarta tersebut.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihaknya satreskrim telah memanggil Bendahara Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (dinsos PPPA) Nganjuk, Senin (29/6) lalu. Pemanggilan tersebut diakui Nikolas masih sebatas klarifikasi.

Dalam klarifikasi tersebut, perempuan berinisial IH datang dengan didampingi seorang pria yang juga mengenakan seragam ASN. Keduanya memasuki ruang Unit Tipikor V Polres Nganjuk sekitar pukul 10.30. Dia baru keluar dari sana setelah lebih dari satu jam dan langsung meninggalkan Polres Nganjuk,

Ditanya terkait pemanggilan IH kembali, perwira dengan dua melati emas tersebut mengisyaratkan tidak untuk waktu dekat ini. Begitu juga dengan saksi atau pihak lainnya. “Belum. Kami belum menjadwalkan pemanggilan atau klarifikasi lagi,” jelas Nikolas.

Lebih lanjut, selain melakukan pemeriksaan tersebut, pihaknya juga menerjunkan tim untuk mengecek kondisi di lapangan. Nikolas mengaku ingin tahu secara langsung kondisi penerima bantuan tersebut. Apakah terjadi gejolak di lapangan atau tidak.

Untuk diketahui, Polres Nganjuk juga melakukan pengawasan dan monitoring melekat pada setiap bantuan yang dikucurkan kepada masyarakat. Termasuk memerintahkan anggotanya turun ke lapangan untuk menggali informasi. 

Demikian juga jika terkait penanganan covid-19 di Kabupaten Nganjuk. Menurut Nikolas, pihaknya akan berkoordinasi dengan gugus tugas agar tidak kendala di lapangan dapat diatasi dengan baik.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia