Kamis, 09 Jul 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Ribuan KK Diusulkan Dapat Bantuan Provinsi

26 Juni 2020, 12: 56: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

Bansos

Bantuan Provinsi (radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Warga terdampak Covid-19 yang belum menerima bantuan sosial (bansos) di Kecamatan Nganjuk kembali didata untuk diusulkan di tahap kedua. Dari 9.099 kepala keluarga (KK) yang telah didata, Kecamatan Nganjuk hanya bisa mengusulkan enam ribu saja. Sisanya tereliminasi setelah dilakukan verifikasi dan validasi lapangan.

Camat Nganjuk Agus Irianto mengatakan, tiga ribu KK yang dieliminasi tersebut karena kondisi ekonomi mereka sudah kembali pulih. “Yang sebelumnya sempat tidak bekerja sekarang sudah mulai bekerja,” kata Agus.

Mantan Kabag Humas Pemkab Nganjuk ini menjelaskan, kebanyakan warga yang terdampak di kelurahan se Kota Nganjuk ini adalah pekerja pabrik, penjual keliling, penjual di kantin sekolah dan mereka yang bekerja serabutan. 

Untuk membantu mereka, Agus mengaku berusaha mengambil dari programCorporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di Nganjuk. “Tidak bisa semua, karenanya ini kamu usulkan lagi,” lanjutnya.

Sejauh ini data calon penerima bantuan sudah dikirim ke dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (dinsos PPA). “Kami masih menunggu, sampai sekarang belum ada informasi terkait usulan tambahan tersebut,” terang Agus.

Terpisah, Kepala Dinsos PPPA Nafhan Tohawi menyebut usulan untuk warga di Kecamatan Nganjuk sudah diterima dan sedang dalam proses pengajuan ke Pemprov Jatim. Menurut Nafhanbanyaknya warga di Kota Nganjuk yang belum mendapat bantuan karena khusus kelurahan tidak memiliki program anggaran khusus menangani Covid-19. “Di kelurahan tidak ada anggaran seperti dana desa,” tegasnya.

Karenanya, saat ada warga yang terlewat pendataan tidak bisa ditampung oleh kelurahan. Menindaklanjuti hal itu, Nafhan menyebut dinsos sudah mengusulkan ke provinsi. “Diterima atau tidak, kami belum tahu,” lanjutnya.

Apakah warga yang tinggal di kelurahan bisa mendapat bantuan sosial dari provinsi? Menurut Nafhan selama ini warga yang tinggal di kelurahan tetap menerima bantuan tapi langsung dari atas. “Top up khusus untuk penerima BSNT.Bantuan itu seperti penerima BSNT reguler,” jelasnya.

Data yang dihimpun koran ini menyebutkan, warga se Kecamatan Nganjuk yang mendapatkan bantuan dari provinsi mencapai 4.683 KK. Jumlah tersebut terbanyak dibanding kecamatan lain yang ada kelurahannya. Misalnya, Kecamatan Sukomoro yang mendapat 1.265 KK, Kecamatan Tanjunganom 1.682 KK, Kecamatan Kertosono ada 408 KK dan Kecamatan Bagor hanya 359 KK.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia