Kamis, 09 Jul 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Tak Daftar Ulang, PIN Diblokir

19 Juni 2020, 13: 03: 54 WIB | editor : Adi Nugroho

Cek

VERIFIKASI: Tim PPDB SMAN 1 Tanjunganom mengecek berkas pendaftar jalur afirmasi. Siswa yang diterima akan diumumkan secara online hari ini. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

TANJUNGANOM, JP Radar Nganjuk-Ribuan pendaftar SMA/SMK yang sudah diterima di tiga jalur penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahap 1 harus segera melakukan daftar ulang. Pasalnya, jika mereka tidak melakukan hal tersebut hingga Sabtu (20/6) besok, nomor personal identification number (PIN) siswa akan diblokir. Konsekuensinya, siswa tidak bisa lagi mendaftar di SMA dan SMK negeri lainnya di Jatim.

Hal tersebut ditegaskan oleh Kacabdisdik Provinsi Jatim Wilayah Nganjuk Edy Sukarno. Dia meminta agar siswa yang sudah diterima di jalur afirmasi, jalur prestasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua segera melakukan daftar ulang. “

“Daftar ulangnya hanya mengisi form, setelah itu selesai,” ujarnya.

PPDB

Ketentuan Daftar Ulang (Grafis: Nakula Agie Sada - radarkediri.id)

Pelaksanaan daftar ulang, lanjut Edy, hanya bisa dilakukan hari ini hingga Sabtu (20/6) besok. Jika siswa tidak melakukan daftar ulang dalam waktu tersebut, mereka dianggap mengundurkan diri.

Risiko dari siswa yang mengundurkan diri, tegas Edy, adalah dengan diblokir PIN mereka. “Sistem yang akan memblokir (PIN, Red) secara otomatis,” lanjutnya sembari menyebut siswa yang PIN-nya diblokir tidak bisa lagi mendaftar di SMA atau SMK negeri lainnya di Jatim.

Karenanya, Edy meminta siswa segera melakukan daftar ulang. Seperti halnya saat mendaftar, pelaksanaan daftar ulang bisa dilakukan secara online dalam waktu 24 jam. “Bisa dari rumah atau lokasi yang ada Wifi-nya,” terangnya.

Edy menegaskan, dalam daftar ulang siswa tidak dikenakan biaya apapun. Demikian pula saat pendaftaran. Karenanya, dia meminta agar siswa atau orang tuanya tak perlu risau.

Untuk diketahui, selain membuka daftar ulang mulai hari ini, sebanyak 22 SMA dan SMK negeri di Nganjuk hari ini juga akan mengumumkan nama-nama siswa yang diterima dalam PPDB tahap 1. Mengantisipasi penyebaran Covid-19, Edy meminta semua sekolah mengumumkan secara online.

Terutama, memasang pengumuman di website masing-masing. “Pengumuman PPDB tahap 1 bisa diakses mulai Jumat (19/6) pukul 01.00 (dini hari tadi, Red),” jelas Edy.

Sementara itu, jelang pengumuman PPDB hari ini, sejumlah sekolah masih melakukan verifikasi dan validasi pendaftar. Terutama untuk pendaftar jalur afirmasi yang di banyak sekolah membeludak.

Pantauan koran ini di SMAN 1 Tanjunganom kemarin, sejumlah panitia terlihat meneliti berkas yang diunggah pendaftar jalur afirmasi. “Hari ini validasi terakhir. Setelah selesai datanya akan kami kirim ke Disdik Provinsi Jatim,” ujar Ketua PPDB SMAN 1 Tanjunganom Wahyu Bad Khoiri.  

Di SMAN 1 Tanjunganom, total ada 81 pendaftar jalur afirmasi. Mereka memperebutkan 33 pagu yang ada di sana. Terkait proses seleksi, Wahyu menyebut semua siswa yang diterima di jalur afirmasi adalah pemegang kartu Indonesia Pintar (KIP).

Adapun pendaftar yang menyertakan kartu Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta surat keterangan tidak mampu (SKTM) harus mengikuti seleksi jalur zonasi di PPDB tahap 2. “Kami prioritaskan pemegang KIP,” jelasnya.

Untuk jalur prestasi, SMAN 1 Tanjunganom memprioritaskan siswa memebangkan lomba dari event resmi pemerintah. Baik pemerintah daerah, provinsi, nasional, dan internasional. “ Di luar lomba yang diselenggarakan pemerintah, tidak dihitung,” tutur pria yang juga menjabat wakil kepala kesiswaan ini.

Ketentuan Daftar Ulang:

-Siswa yang diterima di PPDB tahap 1 bisa melakukan daftar ulang mulai Jumat (19/6) hingga Sabtu (20/6)

-Daftar ulang bisa dilakukan secara online selama 24 jam

-Cabdisdik memastikan tidak ada pungutan apapun dalam daftar ulang

-Siswa yang tidak melakukan daftar ulang dianggap mengundurkan diri dan PIN diblokir

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia