Kamis, 09 Jul 2020
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Berlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru, Imigrasi Kediri Akan Buka Layanan

11 Juni 2020, 17: 02: 28 WIB | editor : Adi Nugroho

imigrasi kediri

PRIMA: Petugas Imigrasi Kediri siap melayani masyarakat. (Kantor Imigrasi Kediri for radarkediri)

Share this          

KEDIRI - Setelah diberlakukan pembatasan layanan sejak 24 Maret 2020, Kantor Imigrasi Kediri akan mulai membuka layanan bagi masyarakat umum. Pembukaan layanan tersebut akan diberlakukan mulai Senin, 15 Juni 2020. Layanan yang akan dibuka meliputi permohonan paspor baru/penggantian dan pelayanan untuk WNA khususnya alih status keimigrasian, pemberian izin tinggal terbatas (ITAS) baru, pemberian surat keterangan keimigrasian, dan pendaftaran kewarganegaraan ganda terbatas.

Kepala Kantor Imigrasi Kediri, Rakha Sukma Purnama menjelaskan meskipun pelayanan akan dibuka, adaptasi kebiasaan baru berupa pemberlakukan secara ketat protokol kesehatan akan diterapkan. Selain itu, pelayanan untuk masyarakat umum dibatasi maksimal hanya 50% dari kapasitas normal.

“Untuk pelayanan bagi masyarakat umum akan dimulai hari Senin (15 Juni 2020). Sementara untuk pemohon paspor dapat memperoleh nomor antrian melalui Aplikasi APAPO yang dapat download di playstore atau appstore yang akan dibuka mulai besok (Jumat, 12 Juni 2020)”, ujar Rakha.

imigrasi

PAKAI PELINDUNG: Satpam di Kantor Imigrasi Kediri yang mengenakan faceshield. (Imigrasi Kediri for radarkediri)

Ia menjelaskan Kantor Imigrasi Kediri saat ini juga telah menyiapkan sarana dan prasarana menuju kenormalan baru. Petugas akan dilengkapi dengan masker, sarung tangan dan faceshield sedangkan meja pelayanan akan dilengkapi dengan pembatas transparan. Penyediaan sarana cuci tangan juga disediakan di beberapa titik pelayanan.

“Setiap pengunjung yang akan berkunjung atau melakukan permohonan diwajibkan menggunakan masker, dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan maksimal 37,5°C, diharuskan mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak setidaknya 1-2 meter (physical distancing),” ungkap Rakha.

Rakha menambahkan untuk pemohon yang akan datang dihimbau juga untuk menggunakan alat tulis sendiri dan telah menyiapkan berkas dari rumah. Untuk melihat perkembangan status permohonan paspor, pemohon dapat mengetahuinya melalui WhatsApp pada nomor 0811 3374 440.

Selain itu, pemohon diharapkan melakukan pengambilan paspor melalui jasa Pos Indonesia. Meskipun pelayanan sudah dibuka, Ia menghimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan dan kepentingan mendesak. Kantor Imigrasi Kediri juga terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, untuk itu Ia berharap masyarakat tidak segan melaporkan jika terdapat pelayanan yang kurang baik.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia