Minggu, 05 Jul 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

New Normal, Penumpang KA Harus Pakai Pelindung Wajah

Disediakan PT KAI

02 Juni 2020, 20: 28: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

stasiun kedirl

SEPI: Beberapa orang berada di dekat penjualan tiket offline di Stasiun Kediri. (Iqbal Syahroni - radarkediri)

Share this          

KEDIRI -  PT KAI bersiap menghadapi kelaziman baru atau new normal. Mereka tengah menyiapkan pedoman dan tata caranya. Baik untuk pembelian tiket hingga ketika penumpang berada di dalam kereta. Semua aturan itu, tentu saja, berlaku di semua stasiun. Termasuk Stasiun Kediri yang berada di bawah naungan Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun. 

Menurut Manajer Humas Daop 7 Ixfan Hendriwintoko, kelaziman baru nanti adalah adaptasi pelayanan. Terutama mengurangi kontak fisik hingga menerapkan protokol kesehatan. Pedoman itu digunakan untuk melindungi pegawai dan pelanggan. Mengacu pada Keputusan Menteri Kesehatan (Kemenkes) Nomor HK.01.07/Menkes/328/2020.

Ixfan menjelaskan bahwa pedoman tersebut akan diaplikasikan ketika kereta api jarak jauh reguler kembali beroperasi. “Saat ini KAI masih menunggu arahan dari Kementerian Perhubungan. Dan terus memperhatikan perkembangan penerapan PSBB di berbagai daerah,” ujarnya.

Dalam pedoman baru nanti pemesanan tiket off-line hanya untuk go-show. Waktunya tiga jam sebelum keberangkatan. Selebihnya pembelian dilakukan melalui online.

Di area stasiun calon penumpang diwajibkan memakai masker. Masker tersebut juga tak boleh dilepas bila berada di dalam kereta. Selain itu penumpang kereta api harus mengenakan face shield atau pelindung wajah. Face shield ini disediakan oleh PT KAI. Penumpang baru boleh melepas ketika keluar area stasiun.

Juga, saat diperiksa suhu tubuh tak boleh melebihi 37,3 derajat celcius. Selain itu, bila ada penumpang yang merasa tak sehat, petugas akan meminta bepergiannya dibatalkan.

“Nanti saat proses boarding, seperti biasa, menunjukkan tiket dan scan secara mandiri,” terang Ixfan.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia