Minggu, 05 Jul 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

PPDB SMP di Kediri: Informasi dan Akses Internet Jadi Kendala

30 Mei 2020, 14: 09: 14 WIB | editor : Adi Nugroho

pendaftaran smp kediri

ONLINE: Pegawai Disdik Kota Kediri membuka halaman website PPDB online untuk tingkat SMPN. (Iqbal Syahroni - radarkediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMPN di Kota Tahu dilakukan secara online selama pandemi Covid-19 belum usai. Agar mekanismenya mudah dipahami, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri meminta pihak sekolah berkoordinasi dengan orang tua calon wali murid.  

“Bila ada orang tua yang mungkin kurang mengerti, bisa melakukan koordinasi dengan sekolah,” kata Kepala Disdik Kota Kediri Siswanto, kemarin.

Menurutnya, kendala utama PPDB online ini adalah akses internet dan informasi. Namun di Kota Kediri, Siswanto mengklaim sebagian besar para orang tua calon peserta didik baru (CPDB) SMPN sudah bisa mengakses internet.

"Yang belum bisa, harapannya juga terus melakukan follow up ke sekolahan. Atau mungkin dibantu tetangganya," ujarnya.

Dengan begitu, harapannya orang tua murid yang hendak mendaftarkan anaknya, sudah memahami apa saja yang harus dilakukan. Hal itu baik melalui jalur prestasi yang dibuka pada Selasa (2/6) maupun jalur zonasi yang dibuka pada Senin (25/6) mendatang.

Siswanto menjelaskan bahwa pentingnya koordinasi dari orang tua di tengah pandemi Covid-19 seperti ini bisa saling membantu memberikan informasi. "Bisa langsung ke sekolah. Tanya ke guru piket atau ke disdik jika dirasa masih belum jelas tentang tata cara pendaftaran," paparnya.

Ia menambahkan, disdik dan pihak SMP, SD, maupun TK terus berupaya memberikan akses informasi kepada seluruh masyarakat. Ini agar mereka dapat ikut dan bisa mengakses PPDB online. Makanya dilakukan sosialisasi bimbingan teknis (bimtek) bagi tiap sekolah. Tujuannya, agar lebih memahami teknis dari website dan alur pendaftaran ketika ada orang tua CPDB.

Untuk diketahui, pendaftaran siswa dengan prestasi atau jalur pemindahan orang tua/wali murid afirmasi kemitraan dibarengkan pada 2 hingga 4 Juni nanti. Sedangkan untuk jalur zonasi pada 25 Juni.

Perbedaan ini, lanjut Siswanto, dilakukan agar memberi kesempatan bagi anak yang berada di luar Kota Kediri. Mereka yang memiliki prestasi bisa berkesempatan belajar di SMP di Kota Kediri.

Namun kesempatannya juga dibatasi satu pilihan SMP saja untuk jalur prestasi. "Ada seleksi untuk jalur prestasi, dilakukan oleh SMP yang dituju," terangnya.

Dalam rentang tiga hari itu, Siswanto mengharapkan, orang tua murid juga menyertakan langsung kelengkapan yang akan diunggah di situs PPDB online. Karena pengumuman akan langsung dilakukan pada Kamis (5/6). “Bisa langsung dicek di situs online kediri.siap-ppdb.com,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia