Sabtu, 06 Jun 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Semua Terima Hukuman Suyadi Cs

JPU dan Pengacara Terdakwa Kompak Tak Banding

21 Mei 2020, 16: 00: 30 WIB | editor : Adi Nugroho

Roy

Kasi Pidum Kejari Nganjuk Roy Ardiyan Nur Cahya: “Kabarnya setelah ini yang bersangkutan (Suyadi, Red) akan dijemput pihak kepolisian setempat.” (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Tenggat waktu Suyadi cs untuk pikir-pikir telah habis kemarin. Baik jaksa penuntut umum (JPU) maupun pengacara kelima terdakwa sama-sama menerima vonis yang dijatuhkan majelis hakim pada Rabu (13/5) lalu.

Kasi Pidum Kejari Nganjuk Roy Ardiyan Nur Cahya membenarkan keputusan JPU untuk menerima vonis tersebut. Sebelumnya, jaksa belum bisa memberi keputusan karena masih menunggu arahan dari Kajari Nganjuk Firmansyah Subhan.

“Dari pihak jaksa memutuskan untuk menerima hasil putusan yang diberikan majelis hakim kepada Suyadi dan empat terdakwa lainnya,” ujar Roy kepada Jawa Pos Radar Nganjuk, kemarin.

Seperti diberitakan sebelumnya, Suyadi dijatuhi hukuman penjara yang lebih lama dari Suroso, Sakriyon, Slamet Riyadi, dan Sutrisno. Ia mendapatkan hukuman penjara selama delapan bulan. Sedang keempat terdakwa lain hanya lima bulan kurungan penjara.

Alasan JPU memilih menerima putusan tersebut, menurut Roy salah satunya karena hukuman yang diberikan sudah lebih dari separo tuntutan. Selain itu, ia menyebut hal itu merupakan petunjuk langsung dari Kajari Firmansyah.

Berdasar data yang dihimpun koran ini, pihak pengacara kelima terdakwa juga telah menerima putusan tersebut. Hanya saja, saat dihubungi dan dikonfirmasi oleh koran ini, Gundi Sintara, pengacara Suyadi Cs belum dapat memberikan keterangan.

Untuk diketahui, perkara hukum Suyadi tidak berhenti sampai di sini. Menurut Roy, Suyadi masih akan menjalani proses hukum di Kalimantan lantaran pernah berkasus di sana. Hanya saja, untuk kepastian waktunya belum dapat diketahui. “Kabarnya setelah ini yang bersangkutan (Suyadi, Red) akan dijemput pihak kepolisian setempat,” tandas Roy.

Untuk diketahui, salah satu alasan Suyadi diberi hukuman lebih lama juga lantaran pernah terlibat masalah hukum tersebut. Meski demikian, hukuman kurungan penjara yang diberikan oleh hakim tercatat masih di bawah dari tuntutan JPU.

Sebelumnya, JPU menuntut Suyadi agar dijatuhi hukuman penjara selama satu tahun. Sedang empat terdakwa lain selama tujuh bulan. Vonis yang diberikan majelis hakim tersebut tercatat masih lebih rendah dua bulan dari tuntutan JPU.

Lebih jauh, Suyadi Cs harus berurusan dengan pihak berwajib lantaran aksi demonya di Pendapa Nganjuk pada Jumat (27/12) lalu berakhir ricuh. Kerusuhan terjadi saat massa memaksa masuk ke pendapa meskipun telah dilarang oleh petugas. Keadaan memanas setelah Suyadi dan  Suroso memanjat pagar dan berusaha membukanya dari dalam.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia