Rabu, 08 Jul 2020
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Telematic System, Fitur yang Bikin Tenang Pemilik Truk Mitsubishi

Semua Kontrol Manajemen Cukup Satu Tangan

11 Mei 2020, 15: 10: 19 WIB | editor : Adi Nugroho

MODERN: Barisan truk Mitsubishi di halaman parkir belakang PT Sun Star Motor Kediri. Semua tipe truk keluaran merek ini sudah dilengkapi dengan telematic system.

MODERN: Barisan truk Mitsubishi di halaman parkir belakang PT Sun Star Motor Kediri. Semua tipe truk keluaran merek ini sudah dilengkapi dengan telematic system. (TAUHID WIJAYA/JP RADAR KEDIRI)

Share this          

Apa yang tetap bisa bergerak pada masa pandemi seperti sekarang? Angkutan barang. Inilah yang bisa menjadi peluang bisnis ke depan. Anda yang punya rencana terjun ke bisnis ini, truk produk Mitsubishi bisa menjadi pertimbangan. Salah satunya karena fitur ini: telematic system.

Boleh dibilang, sebagai produsen kendaraan niaga, Mitsubishi adalah pionir yang menyematkan teknologi ini ke truk-truk produksinya. Ini adalah teknologi yang memudahkan pemilik untuk mengatur manajemen truknya.

ELEGAN: Kabin Mitsubishi Fuso Canter yang lebih lapang karena tuas persneling menyatu dengan dashboard.

ELEGAN: Kabin Mitsubishi Fuso Canter yang lebih lapang karena tuas persneling menyatu dengan dashboard. (TAUHID WIJAYA/JP RADAR KEDIRI)

Misalnya, untuk perencanaan kerja. Mulai dari perencanaan kerja untuk pengemudi, kendaraan, hingga rute dan area yang akan dilalui. “Semua bisa disusun secara terjadwal dengan job order training pada teknologi tersebut,” jelas Mohamad Khoyum, branch manager PT Sun Star Motor Kediri, diler Mitsubishi di wilayah Kediri Raya.

Khoyum menjelaskan, telematic system pada dasarnya merupakan sistem manajemen kendaraan berbasis website yang dikembangkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors. Teknologi ini memungkinkan pemilik untuk memantau lokasi kendaraan secara real time dan otomatis.

Sehingga, informasi terkait posisi, arah, kecepatan dan sejarah rute yang diambil oleh kendaraan bisa diketahui. “Monitoringnya real time. Pemilik tinggal mengakses melalui layar komputer maupun smartphone-nya. Ibaratnya, kendalinya cukup dengan satu tangan,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Dengan teknologi ini pula, pemilik bisa mengontrol penggunaan dan perawatan truknya. Lalu, membuat laporan dan analisa terkait pengoperasiannya. Juga, mengatur penugasan pengemudi. Sehingga, semua menjadi terencana dan terkontrol. Pemilik pun bisa merasa aman dan nyaman. “Memang, teknologi ini sengaja dihadirkan Mitsubishi untuk menjawab kebutuhan pemilik,” kata Khoyum.

Lebih jauh dijelaskannya, cara kerja telematic system dimulai saat alat menerima sinyal dari satelit GPS. Lalu, sinyal diolah oleh penerima/receiver. Sehingga data lokasi, kecepatan, waktu, dan arah pergerakan kendaraan tercatat.

Kemudian, data tersebut dikirim melalui jaringan untuk ditampilkan pada peta digital di aplikasi pengguna. “Dengan teknologi ini, pemilik memiliki data-data penting tentang pengemudi dan kendaraan. Ini sangat berguna untuk menjadi bahan evaluasi dan menjaga supaya kendaraan selalu dalam kondisi prima, efisien, efektif dan optimal dalam menjalankan bisnis,” tandasnya.

Apakah teknologi ini disematkan ke semua tipe truk produksi Mitsubishi? Khoyum membenarkan. Mulai truk yang berukuran kecil (light duty), sedang (medium duty), hingga besar (tractor head). “Mitsubishi pionir dalam teknologi ini. Sekarang semua tipe sudah dibekali,” pungkasnya. (*)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia