Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > PERSIK KEDIRI
icon featured
PERSIK KEDIRI
VAVA MARIO YAGALO

Vava Punya Tugas Jadi Penerjemah

25 Maret 2020, 10: 55: 16 WIB | editor : Adi Nugroho

persik kediri vava yagalo

TANGGUH: Vava Yagalo saat bermain membela Persik Kediri. (Anwar Basalamah - radarkediri)

Share this          

KEDIRI - Vava Mario Yagalo punya ‘tugas’ ganda di Persik Kediri. Selain menjaga palang pintu pertahanan, pemain 26 tahun itu menjadi penerjemah bagi dua pemain asing Macan Putih. Keduanya adalah Jefferson Formigao dan Gaspar Vega.

          Ya, Jefferson dan Vega belum lancar berbahasa Indonesia. Dua penggawa asal Brasil dan Argentina itu setiap hari berkomunikasi dengan bahasa Spanyol. “Saya yang membantu mereka menerjemahkan ketika berkomunikasi,” kata Vava.

          Vava memang sedikit menguasai bahasa Spanyol. Maklum, pemuda asli Desa Bangsongan, Kecamatan Kayenkidul, Kabupaten Kediri itu pernah menimba ilmu di SAD Uruguay pada 2009. Di negara Amerika Latin itu, percakapan sehari-harinya lebih banyak menggunakan bahasa tersebut. “Ya dulu bisa bahasa Spanyol. Meskipun tidak lancar,” ungkapnya.

          Untuk membantu dua rekannya tersebut, Vava selalu berada di dekat Jefferson dan Vega. Terutama saat briefing dari tim pelatih maupun manajemen. Vava berusaha menerjemahkan agar dua pemain asing tersebut mengerti alur pembicaraan.

          Di lapangan pun demikian. Vava menjadi rujukan untuk menjadi penerjemah mereka. Namun, pemain yang didatangkan dari PS Tira Persikabo (sekarang menjadi Persikabo) itu mengaku, bahasa Spanyolnya tidak sempurna. “Kalau mereka ngomong terlalu cepat, saya minta lebih lambat. Supaya saya bisa memahami,” ujarnya.

          Vava mengaku, senang dengan peran barunya tersebut. Dengan begitu, dia bisa mengasah bahasa Spanyolnya kembali. Sebab, setelah meninggalkan SAD pada 2012, dia praktis tidak pernah lagi memakainya. Kala itu, pemain dengan postur 180 cm ini bergabung ke Sriwijaya FC U-21.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia