Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Produsen Kosmetik Ilegal Asal Ngronggo Dituntut 8 Bulan Penjara

24 Maret 2020, 12: 35: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

TANPA IZIN: Anggota satpol PP saat mengamankan kemasan kosmetik ilegal di Ngronggo, September tahun lalu. Kasus ini dikoordinasikan dengan polsek.

TANPA IZIN: Anggota satpol PP saat mengamankan kemasan kosmetik ilegal di Ngronggo, September tahun lalu. Kasus ini dikoordinasikan dengan polsek. (SATPOL PP KOTA KEDIRI for JPRK)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri– Satriya Hadi Suryawan, 32, warga Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota Kediri dituntut hukuman 8 bulan penjara. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Maria Febriana mendakwanya terbukti memproduksi dan mengedarkan produk kosmetik ilegal.

“Perbuatannya melanggar pasal 197 UU Nomor 36/2009 tentang Kesehatan. Terdakwa terbukti melakukan tindak pidana mengedarkan dan memproduksi kosmetik yang tidak sesuai hukum, dengan maksud ingin mendapatkan keuntungan,” dakwa Maria dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Kota Kediri, Senin (23/3).

Dalam sidang di Ruang Candra itu, Satriya juga dituntut membayar denda Rp 1 juta. Bila tak bisa membayar akan diganti hukuman dua bulan penjara.

Berdasar fakta di persidangan, Satriya ditangkap Polsek Kediri Kota pada Selasa (17/9/2019). Dia menjual kosmetik yang tidak sesuai ketentuan perundang-undangan. Saat diamankan di rumahnya, ditemukan barang bukti 94 pot kecil body scrub green tea.

Dari informasi yang didapatkan, Satriya meracik bahan kosmetik secara otodidak. Dia lalu mengemasnya dalam berbagai ukuran dan jenis kosmetik. Di antaranya body scrub dan juga body whitening. Dan rata-rata yang dijual adalah produk memutihkan kulit tubuh dan wajah. Satriya memasarkan produknya lewat akun FB milik istrinya.

Setelah JPU membacakan tuntutan, Hakim Ketua Hendra Pramono memberikan kesempatan pada Satriya untuk menanggapi. Satriya pun menerima tuntutan itu. Selanjutnya, sidang akan kembali digelar Kamis (26/3) dengan agenda sidang putusan. (sam)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia