Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Sugeng, Terpidana Pembunuh Binti, Anggota Fatayat Badas, Ajukan Kasasi

24 Maret 2020, 11: 54: 43 WIB | editor : Adi Nugroho

KE MA: Sugeng saat usai menjalani sidang kasusnya di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri tahun lalu.

KE MA: Sugeng saat usai menjalani sidang kasusnya di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri tahun lalu. (HABIBAH A. MUKTIARA-JP Radar Kediri)

Share this          

NGASEM, JP Radar Kediri Sugeng Riyadi, 40, terpidana kasus pembunuhan Binti Nafiah, 39, anggota Fatayat NU Kabupaten Kediri, yang divonis 14 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri, akhirnya, mengajukan kasasi. Ini menyusul bandingnya pada 7 Januari lalu yang ditolak oleh Pengadilan Tinggi (PT) Jawa Timur.

Rudy Bingadiputra, penasihat hukumnya, mengatakan, kasasi itu diajukan ke Mahkamah Agung (MA) Senin (23/3). "Kami berharap masih ada keadilan untuk Pak Sugeng Riyadi," ujarnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Seperti diberitakan, lelaki asal Dusun Pulosari, Kelurahan/Kecamatan Pare itu divonis 14 tahun penjara pada 4 Desember 2019. Dia dinyatakan terbukti bersalah menghabisi nyawa perempuan asal Desa/Kecamatan Badas tersebut. Itu sesuai dengan dakwaan jaksa. Yakni, melanggar pasal
365 ayat 2, 3, dan 4 KUHP.

Peristiwa itu sendiri terjadi pada 9 Juni 2018. Ibu dua anak itu ditemukan tewas di toko pracangannya. Diduga, ia dihabisi oleh pencuri yang tepergok masuk tokonya. Sugeng sebagai tersangka ketika itu ditangkap pada Juni 2019.

Rudy mengakui, hasil banding yang diajukannya ke PT tidak sesuai harapan. Makanya, kasasi menjadi langkah selanjutnya. "Judex facti (PT, Red) kurang mempertimbangkan memori banding kami, yang pada dasarnya menyangkut kekhilafan hakim," katanya.

Dalam pembelaan sebelumnya, penasihat hukum berpendapat bahwa Sugeng tidak tepat jika didakwa melakukan pembunuhan berencana. Sebab, dia tidak pernah merencanakan aksi itu sebelumnya. Semua terjadi secara spontan. (ara)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia