Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Ringroad Gelap, Dewan Soroti LPJU yang Mati

Minta Pihak Terkait Segera Lakukan Perbaikan

23 Maret 2020, 11: 25: 45 WIB | editor : Adi Nugroho

LPJU

MATI: Puluhan LPJU di ring road mayoritas mati. Akibatnya, jalan nasional yang dilewati kendaraan-kendaraan besar itu gelap gulita. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Warga Nganjuk harus meningkatkan kewaspadaan saat berkendara di ring road. Pasalnya, kondisi jalan mulai Desa Pehserut hingga Desa Putren, Sukomoro, dalam kondisi gelap gulita selama seminggu terakhir. Ini setelah lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sana rusak dan belum kunjung diperbaiki.

Ketua DPRD Nganjuk Tatit Heru Tjahjono mengatakan, LPJU menjadi bagian dari pelayanan kepada masyarakat. “Saya akan koordinasikan dengan dishub. Kalau ini jadi tanggung jawab provinsi, kami akan dorong agar segera dihidupkan lampunya,” ujarnya.

Tatit mengaku belum mengetahui alasan LPJU di jalur nasional itu mati. Menurutnya, jika kondisi tersebut terjadi karena LPJU rusak, pihak terkait harus segera memperbaikinya. Jika tidak, dikhawatirkan akan terjadi kerawanan di sana. “Bisa rawan tindak kejahatan dan rawan terjadi kecelakaan,” lanjutnya.

Lebih jauh Tatit menjelaskan, ring road menjadi akses kendaraan dari berbagai daerah. Termasuk kendaraan yang akan masuk ke tol. Karenanya, jika tidak segera diperbaiki akan memengaruhi citra Kota Angin. “Bisa membuat citra Kabupaten Nganjuk buruk di mata daerah lain,” sesalnya mendesak dishub segera memperbaiki LPJU tersebut.

Terpisah, Sekretaris Dishub Nganjuk Sujito yang dikonfirmasi koran ini mengungkapkan, LPJU di ring road merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jatim. “Kalau jalan Ringroad itu masuknya jalan nasional,” tuturnya.

Meski demikian, Dishub Nganjuk akan segera mengoordinasikan masalah tersebut dengan Dishub Provinsi Jatim. Sehingga, LPJU yang mati dan membahayakan pengendara itu bisa segera ditindaklanjuti.

Sujito menjelaskan, sebelum mengoordinasikan LPJU, Dishub Nganjuk sudah melaporkan tentang kondisi median jalan yang rusak parah. Tetapi, sampai sekarang juga belum diperbaiki. “Masalah perbaikan LPJU apakah diserahkan ke pemkab atau tetap provinsi, ini masih dirumuskan formulanya,” beber Sujito.

Terpisah, Kepala UPT LLAJ Kediri Sunarya yang dikonfirmasi tentang matinya LPJU ring road belum memberikan respons. Pesan singkat yang dikirim wartawan koran ini melalui WhatsApp juga belum dijawab.

Pantauan koran ini pada Sabtu (21/3) malam, lampu yang masih menyala hanya bisa dihitung dengan jari. Dari puluhan tiang yang berjajar di median jalan mulai dari interchange tol sampai perempatan lampu merah Desa Pehserut, Sukomoro hanya ada lima tiang yang hidup. Selebihnya mati. Kalapun ada yang menyala hanya redup. Praktis, kondisi jalan yang banyak dilewati kendaraan besar itu tetap gelap.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia