Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Stok Ikan di Kediri Melimpah, Pembelinya Malah Sepi

19 Maret 2020, 16: 44: 01 WIB | editor : Adi Nugroho

jual ikan

PENJUALAN TURUN: Komariyah melayani konsumen yang membeli ikan di lapaknya, Pasar Setonobetek, Kota Kediri, kemarin. (Samsul Abidin - radarkediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Pedagang ikan di pasar tradisional Kota Kediri mengeluhkan sepi pembeli. Seperti di Pasar Setonobetek, meski harga tidak naik, namun pembeli berkurang.

“Nggak naik Mas, harganya tetap saja. Tetapi pembelinya sedikit Mas,” ungkap Komariyah, 35, pedagang ikan di Pasar Setonobetek.

Menurut dia, sejak dua hari ini pembeli ikan menurun. Hal tersebut karena isu virus Covid-19 yang tengah melanda.Sebelumnya, perempuan berambut panjang ini dapat menjual ikan sebanyak 40 kilogram (kg) per harinya.

Namun sudah dua hari terakhir mengalami penurunan. “Kalau sekarang ya cuma 20 kilogram aja Mas,” tambahnya.

Di kiosnya, Komariyah menjual ikan dengan harga tetap. Yakni ikan patin seharga Rp 20 ribu per kilogram, ikan nila Rp 40 ribu, ikan kembung Rp 35 ribu, kakap Rp 64 ribu serta ikan gurame Rp 40 ribu.

Ia menambahkan, pasokan ikan dari nelayan lancar. Bahkan stoknya berlimpah. “Kalau yang turun itu udang, jadi Rp 75 ribu per kilogramnya. Kalau yang banyak dicari pas ramai itu ikan tenggiri, tuna, dan kembung,” jelas perempuan yang berjualan sejak jam 13.00 WIB ini.

Tanto, 34, pedagang di pasar yang sama, mengatakan, mengatakan, tidak ada kenaikan harga. Baik ikan laut maupun tambak. “Ya karena korona itu Mas, jarang yang mau ke pasar. Pada takut, makanya di rumah saja,” urainya.

Tanto menjelaskan, harga tuna Rp 40 ribu per kg. Lalu, salmon Rp 55 ribu, tenggiri Rp 80 ribu, dan cumi-cumi Rp 70 ribu per kg. Penurunan penjualan ikan di lapaknya signifikan. Dulu setiap hari bisa menjual sekitar 3 kuintal. Tapi sejak dua hari lalu, hanya terjual 1,5 kuintal. “Ya harapannya ingin seperti sebelumnya Mas, pasarnya ramai dan virus korona nggak ada,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia