Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

BNI Gelar Pekan QRIS Nasional Bersama Bank Indonesia

Ajak Masyarakat Gencar Gunakan QRIS

16 Maret 2020, 11: 21: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

KOMPAK: Pemimpin BNI Cabang Kediri Yari Yudho Purwanto bersama karyawan di acara puncak Pekan QRIS Nasional di Lapangan GOR Jayabaya

KOMPAK: Pemimpin BNI Cabang Kediri Yari Yudho Purwanto bersama karyawan di acara puncak Pekan QRIS Nasional di Lapangan GOR Jayabaya (BNI for radarkediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – BNI Kediri bersama Bank Indonesia Kediri menggelar pekan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Nasional, kemarin (15/3). Acara tersebut digelar di Lapangan GOR Jayabaya. Wali Kota Kediri Abdullah Abu bakar membuka Pekan QRIS Nasional. Dengan didampingi Kepala Bank Indonesia Kediri Sofwan Kurnia, pemimpin BNI Cabang Kediri Yari Yudho Purwanto, serta para pimpinan perbankan di Kediri.

Acara pekan QRIS juga dihadiri anggota DPR RI Komisi XI Sarmuji, serta masyarakat Kediri dan sekitarnya. Setelah dibuka, dilanjutkan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar bersama kepala BI Kediri Sofwan Kurnia mengunjungi stan di masing-masing perbankan. Salah satunya stan BNI Kediri.

Mereka melakukan transaksi non tunai menggunakan QRIS untuk membeli produk stan BNI. Sementara itu, Yari Yudho Purwanto mengetakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan penggunaan (usage) QRIS dengan sasaran masyarakat dan merchant komunitas.

COBA TRANSAKSI: Kepala BI Kediri Sofwan Kurnia saat melakukan transaksi non tunai QRIS di stan BNI Kediri

COBA TRANSAKSI: Kepala BI Kediri Sofwan Kurnia saat melakukan transaksi non tunai QRIS di stan BNI Kediri (BNI for radarkediri)

Kegiatan sosialisasi dan onboarding merchant menyasar pada komunitas milenial (seperti di kampus, sekolah, pesantren), pasar tradisional dan modern, tempat ibadah, agen LKD/laku pandai, Pemda, dan tempat lainnya yang unik di masing-masing daerah.

“Berharap dapat memahami dan mencoba menggunakan QRIS dalam transaksi sehari-hari baik dari sisi merchant maupun dari customer serta di lingkungan kerja, organisasi maupun di lingkungan rumah dalam upaya menciptakan cashless society”, ujar Pemimpin BNI Cabang Kediri.

Perlu diketahui, QRIS ini adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) agar proses transaksi dengan QR Code yang dilakukan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Dimana satu QR untuk seluruh pembayaran. Penggunaan QRIS ini bertujuan untuk mendorong efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, memajukan UMKM. Pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia. QRIS dengan mengusung semangat UNGGUL (UNiversal, GampanG, Untung dan Langsung).

QRIS UNGGUL mengandung makna yaitu pertama UNiversal, penggunaan QRIS bersifat inklusif untuk seluruh lapisan masyarakat dan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran domestik dan luar negeri.

Kedua GampanG, masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel. Ketiga, Untung, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual. Karena transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Keempat, Langsung, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika. Sehingga mendukung kelancaran Sistem Pembayaran. Sementara itu, adapun rangkaian kegiatan pekan QRIS. Diawali lomba foto, video dan testimoni penggunaan QRIS beserta manfaatnya, Senin (2/3) sampai dengan Kamis (12/3).

Kemudian sosialisasi QRIS pada millenial community di Universitas Nusantara PGRI pada Selasa (10/3) dan di Polinema, Jumat (13/3). Sosialisasi pada Generasi millenial diharapkan semakin memahami pembayaran digital. Utamanya dengan menggunakan kode QR pembayaran yang terstandardisasi. Sekaligus mampu menjadi endorser dalam menyuarakan QRIS kepada masyarakat luas.

Dilanjutkan launching QRIS untuk Retribusi Pasar dan Pedagang di Pasar Pahing pada Rabu (11/3). Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar turut serta melaunching QRIS di Pasar Pahing.

Sosialisasi QRIS bagi Agen Lembaga Keuangan Digital (LKD) dan Laku Pandai di Kantor Perwakilan BI Kediri, kamis (12/3). Talkshow pengenalan QRIS di Radio Andika , Kamis (12/3). Dan diakhiri puncak Pekan QRIS dengan menghadirkan artis Happy Asmara dan sederet artis lokal lainnya, kemarin.

(rk/die/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia