Sabtu, 04 Apr 2020
radarkediri
Home > Features
icon featured
Features

Punya Darah Kediri, Soesilo Ananta Toer Bangga

29 Februari 2020, 11: 50: 57 WIB | editor : Adi Nugroho

Soesilo Toer

ASLI KEDIRI: Soesilo Ananta Toer saat mengisi acara Ketemubuku Kediri di GNI Kota Kediri tadi malam. (Adi Nugroho - radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Belum banyak yang tahu penulis Soesilo Ananta Toer dan keluarganya, termasuk Pramoedya ternyata punya darah Kediri. Ini ternyata berasal dari Mastoer, sang bapak yang memang asli Kediri.

Kepada Jawa Pos Radar Kediri, Soesilo mengatakan keluarga di Kediri, tepatnya di wilayah Ngadiluwih ini diketahui dari istri Koesalah Subagyo Toer, salah satu saudaranya. "Saya juga belum tahu. Ini masih mau nyari pasnya di mana," ujar doktor jebolan institut di Rusia ini saat ditemui usai acara di GNI Kota Kediri, tadi malam.

Menurutnya, sang ayah Mastoer memang berasal dari Kediri. Putra tertua pasangan Imam Badjuri dan Sabariyah ini lahir dan besar di Kediri. Baru setelah lulus sekolah tingkat dasar, Mastoer akhirnya menimba ilmu di Jogjakarta.

Awalnya, Mastoer ingin sekolah di pondok. Menjadi santri. Ia berangan-angan menjadi penghulu seperti Imam Badjuri, bapaknya.

Namun ketika itu banyak yang mengingatkan tanggung jawabnya sebagai anak laki-laki tertua. Akhirnya, ia pun berubah haluan dan akhirnya bersekolah formal.

Lulus dari sekolah, Mastoer muda sempat menjadi guru dan mengajar di Kediri. "Dua tahun Pak Mastoer di Kediri," ungkap Soes, sapaan Soesilo kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Namun selama dua tahun di kampung halaman, Mastoer malah malu. Ia banyak dirundung orang. Katanya, datang dari keluarga miskin, pulang malah menjadi guru yang identik dengan kaum priyayi.  "Pak Mastoer malu. Sering dipanggil meneer...meneer," sambung Soes 

Dari sanalah Mastoer akhirnya memutuskan pindah. Ia memilih Rembang sebagai jujugan. Di kota inilah Mastoer bertemu Siti Sa'adah, murid yang akhinya ia nikahi. "Saya bangga (punya darah Kediri, Red)," pungkas Soes.

Saksikan wawancara denga Soesilo Ananta Toer di channel You Tube Radar Kediri 'Pramoedya Ananta Toer Ternyata Berdarah Kediri'

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia