Rabu, 01 Apr 2020
radarkediri
Home > PERSIK KEDIRI
icon featured
PERSIK KEDIRI

Laga Liga 1 Persebaya vs Persik: Kuncinya Ada Pada Mental

28 Februari 2020, 11: 02: 31 WIB | editor : Adi Nugroho

ante bakmaz jefferson, sackie doe

TULANG PUNGGUNG: Ante Bakmaz, Jefferson Alves, dan Sackie Doe akan menjadi andalan saat membendung serangan Persebaya, akhir pekan ini. (Anwar Basalamah - radarkediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Pengalaman adalah guru paling berharga. Pepatah itu yang coba dipahami benar oleh skuad Macan Putih Persik Kediri. Menghadapi laga pembuka Liga 1 2020 besok malam (29/2), mereka akan belajar dari pengalaman pahit saat bersua Persebaya di Piala Gubernur Jatim beberapa waktu lalu.

Pelatih Persik Joko Susilo menegaskan banyak belajar dari pengalaman di Piala Gubernur Jawa Timur  lalu. Saat bersua Persebaya di laga pertama, anak asuhnya tampil kurang percaya diri. Terutama di babak pertama. Faris Aditama dkk akhirnya memang kalah dengan skor 3-1.

Makanya, usai pertandingan, Joko menyebut Persik harus meningkatkan mental agar tampil kompetitif di Liga 1. Maklum, sebagian besar kekuatan mereka ditopang pemain yang berangkat dari Liga 3. “Melawan Persebaya (Sabtu, 29/2) mental sangat penting. Apalagi bertanding di laga pembuka,” kata Joko saat ditemui usai latihan Persik di Stadion Brawijaya kemarin.

Pernyataan Joko bukan tanpa alasan. Di musim ini, Persebaya disebut-sebut sebagai calon juara kompetisi sepak bola kasta tertinggi di tanah air itu. Kekuatan mereka sangat merata di setiap lini. Bahkan, ketika melawan Persik di ajang pramusim tersebut, pelatih Aji Santoso lebih banyak menurunkan pemain mudanya.

“Waktu itu Persebaya belum kekuatan penuh. Tentu di kompetisi mereka pasti menurunkan pemain terbaiknya,” ungkapnya.

Saat itu, beberapa pemain muda Persebaya menjadi starter. Di antaranya adalah Supriadi, Koko Ari Arya, Hambali Thalib, Rachmat Irianto, dan Muhammad Alwi Slamat.

Namun, sekali lagi, selama tampil percaya diri, Joko yakin dengan skuadnya. Kemarin di sesi latihan pagi, mantan asisten pelatih timnas ini mengakui kondisi pemainnya sangat bagus. “Saya melihat kondisi pemain hari ini (kemarin, Red). Semuanya baik. Kecuali Munhar yang sempat bermasalah dengan ototnya,” terangnya.

Itu termasuk tiga pemain asing yang didatangkan musim ini. Mereka adalah Ante Bakmaz, Jefferson Alves, dan Gaspar Vega. Sementara satu slot pemain asing pengganti Patrik Bordon belum tiba sampai kemarin. Seperti diketahui, striker asal Slovenia tersebut dicoret karena mengalami cedera lutut. “Tiga pemain (asing) bisa kami turunkan nanti,” kata Joko.

Di luar masalah mental, Joko juga mengasah kerja sama tim. Itu merupakan hasil evaluasi yang didapat selama tampil di Piala Gubernur. “Team work terus kami perbaiki,” kata pria kelahiran Cepu, Jawa Tengah ini.

Latihan pagi kemarin dimulai sekitar pukul 08.00. Setelah berlatih sekitar 1,5 jam, para pemain langsung melakukan relaksasi dengan mencebur di air es. Kemudian sekitar pukul 13.30, rombongan berangkat ke Surabaya. Sebelum kicf off sekitar pukul 18.30 besok malam, hari ini mereka akan mencoba lapangan di GBT.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia