Sabtu, 04 Apr 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Bebaskan Sandera, Polisi Kediri Kerahkan Anjing K9

24 Februari 2020, 18: 06: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

k9 polisi

SATWA TERLATIH: Tim unit K9 Polres Kediri melibatkan anjing dalam penanganan aksi kejahatan ketika gelar simulasi di depan halaman mapolres, Jl PB Sudirman, Pare (22/2). (HUMAS POLRES KEDIRI for radarkediri)

Share this          

PARE, JP Radar Kediri — Polres Kediri mengadakan simulasi pelacakan narkotika dan pembebasan sandera, Sabtu (22/2). Kegiatannya sekitar pukul 08.00 hingga 10.00 WIB di depan mapolres, Jl PB Sudirman, Pare.

“Simulasi ini upaya untuk pemberantasan peredaran narkotika dan pencegahan tindak kejahatan. Terutama di wilayah Kediri,” kata Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono.

Kegiatan ini melibatkan puluhan personel gabungan dari satlantas, tim khusus satwa atau unit K9, satresnarkoba, dan satsabhara. Anjing K9 terlatih pun dilibatkan. Simulasi dimulai dari pemeriksaan kendaraan bermotor di Jl PB Sudirman. Saat itulah, ada pengemudi mini bus dicurigai terlibat peredaran narkotika. Satlantas lalu koordinasi dengan satreskoba dan satreskrim.

Dengan sigap, Lukman memimpin pemeriksaan tersebut. Namun pengemudi melawan. Dia menyandera satu warga di sekitar lokasi. “Kami mencoba skenario terburuknya, yaitu penyanderaan warga. Kami terjunkan satsabhara dan tim K9 yang dibantu satwa (anjing),” terang kapolres.

Karena pengemudi melawan, tim K9 mengerahkan anjing untuk melumpuhkannya. Anjing terlatih mengigit pergelangan tangan penyandera yang memegang pistol.

“Satwa ini tidak hanya membantu melumpuhkan pelaku, tapi juga membantu pelacakan barang-barang mencurigakan. Misalnya narkotika yang disembunyikan dalam kendaraan,” pungkas Lukman.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia