Minggu, 05 Apr 2020
radarkediri
Home > PERSIK KEDIRI
icon featured
PERSIK KEDIRI
Persik Kediri 3 Vs 0 Bhayangkara FC

Main Efektif,  Kunci Persik Kediri Bungkam The Guardian

15 Februari 2020, 13: 20: 31 WIB | editor : Adi Nugroho

persik kediri

MAKIN KOMPAK: Sackie Doe, Paulo Sitanggang, dan Andri Ibo bahu membahu saat menghadapi Bhayangkara FC. (Anwar Basalamah - radarkediri)

Share this          

BANGKALAN, JP Radar Kediri – Kalau istilah anak milenial, apa yang dilakukan skuad Macan Putih Persik Kediri tadi malam benar-benar emejing! Bagaimana tidak, tampil dalam posisi underdog alias tidak diunggulkan, Fariz Aditama dkk justru membongkar total komposisi grup A dalam Piala Gubernur Jatim. Kans besar bagi Bhayangkara FC lolos ke semifinal justru ditutup total oleh Macan Putih. Skuad berjuluk The Guardian itu ganti terpelanting. Gagal ke semifinal karena kalah produktivitas dengan Madura United yang dipertandingan jam pertama justru kalah 2-4 dari Persebaya.

Bermain tanpa beban, Persik secara mengejutkan mampu menjungkalkan Bhayangkara FC di laga pamungkas grup A. Tidak tanggung-tanggung, Macan Putih menang telak 3-0.

Kemenangan tersebut memang tidak membuat posisi Persik naik di klasemen. Namun, dengan margin 3 gol, Bhayangkara yang sebelumya paling berpeluang lolos ke semifinal, justru harus tersingkir. Sama-sama mengumpulkan 4 poin, The Guardian  kalah selisih gol dengan Madura United.Sape Kerreb –julukan Madura United- mendampingi Persebaya Surabaya melenggang ke empat besar.

Kemenangan tadi malam direspons sangat dingin oleh pelatih Persik Joko Susilo. Usai laga, Joko mengatakan, timnya sebenarnya tidak memburu kemenangan. Dia memilih mengutamakan proses tim dari minggu ke minggu. “Kami hanya bisa mengucapkan alhamdulillah dengan kemenangan ini. Tapi proses lebih utama,” ujarnya.

Karenanya, Joko tidak mau jemawa dengan keunggulan anak asuhnya melawan Bhayangkara FC. Menurutnya, masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki sebelum kick off Liga 1 pada 29 Februari. “Bukan berarti kami lebih baik dari Bhayangkara. Nanti dikira sombong. Kami masih perlu memperbaiki lagi,” ucap pria yang akrab disapa Gethuk ini.

Untuk pertandingan tadi malam, Joko mengaku, tidak melakukan persiapan khusus. Hanya saja, tim pelatih selalu melakukan evaluasi di setiap laga. Dengan kuantitas pemain yang masih minim, dia perlu mencari solusi agar tim bermain lebih baik.

Joko menambahkan, punya banyak rencana sebelum kompetisi bergulir. Sehingga tidak ada trik khusus untuk mengalahkan tim yang dianggap sebagai klub bertabur bintang itu. “Setelah laga melawan Persebaya kami perbaiki. Dari Madura juga kami perbaiki. Sampai nanti ke Liga 1,” ungkap pria kelahiran Cepu, Jawa Tengah ini.

Di 15 menit pertama, Persik awalnya memang kesulitan mengembangkan permainan. Namun, mereka sangat efektif memanfaatkan peluang. Dari dua tendangan ke gawang Bhayangkara, semuanya menjadi gol. Di menit ke-14, gol dicetak Faris Aditama.

Kapten Persik itu menerima umpan sundulan dari Ronaldo Rubener Wanma dari sisi kiri gawang Bhayangkara. Faris yang tidak terjaga begitu mudah meneruskan bola ke gawang yang dijaga Wahyu Tri Nugroho.

Setelah itu, mereka memperbesar keunggulan di menit ke-38 lewat sundulan dari Ante Bakmaz. Gol tersebut bermula dari tendangan Dany Saputra yang gagal diantisipasi bek Bhayangkara FC.

Di babak kedua, Persik menutup kemenangan lewat gol yang diciptakan Paulo Sitanggang di menit ke-69. Lewat sepakannya, mantan pemain Barito Putera itu  menerima umpak tarik dari Andri Ibo yang naik sampai ke garis pertahanan lawan.

Sementara itu, pelatih Bhayangkara FC Paul Munster mengakui start timnya sangat bagus. Sayangnya, para pemain selalu gagal memanfaatkan peluang emas yang diciptakan. “Kalau seperti terus, tim kami tidak akan bisa membobol gawang meskipun pertandingan berlangsung sampai besok,” kata Paul.

Dia mengaku, ada kecendurangan pemain meremehkan Persik. Sehingga mereka kecolongan dua kali di babak pertama. Namun, Paul menganggap Piala Gubernur sebagai ajang persiapan timnya sebelum Liga 1. “Kami coba semua pemain untuk mendapat menit bermain,” ucap pelatih asal Irlandia Utara ini.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia