Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Show Case

Antrean Online Bikin Layanan Jadi Eksklusif, Modern dan Transparan

13 Februari 2020, 13: 10: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

PELAYANAN TERBAIK: Kini di Klinik dr Chreslina kini lebih mudah dengan pelayanan sistem online.

PELAYANAN TERBAIK: Kini di Klinik dr Chreslina kini lebih mudah dengan pelayanan sistem online.

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - BPJS Kesehatan kembali melansir inovasi berbasis teknologi. Januari lalu, BPJS Kesehatan mencetuskan Sistem Antrean Online untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Melalui aplikasi berbasis web ini FKTP dapat menerapkan sistem antrean elektronik.

Bahkan, antrean tersebut terhubung dengan Aplikasi Mobile JKN yang ter-install pada gawai pintar Peserta JKN-KIS.

Seperti di Klinik dr Chreslina yang beralamat di Mrican, Mojoroto, Kediri merupakan salah satu FKTP yang telah mengaplikasikan sistem ini secara penuh.

LEWAT APLIKASI: Fitur penambilan antrean secara online bisa di akses hanya dengan menginstal Aplikasi Mobile JKN

LEWAT APLIKASI: Fitur penambilan antrean secara online bisa di akses hanya dengan menginstal Aplikasi Mobile JKN

Ditemui di sela-sela prakteknya, dr. Chreslina menyampaikan bahwa penerapan antrean online merupakan upayanya dalam meningkatkan kuailtas layanan.

 “Belum banyak peserta yang memanfaatkan fitur antrean online via Mobile JKN, tapi semua pasien telah merasakan manfaat antrean elektroniknya, termasuk yang non JKN. Dari yang sebelumnya pemanggilan manual dengan mencocokkan keplek (kartu antrean buatan), kini pasien dipanggil secara otomatis lewat pengeras suara. Pasien juga dapat melihat jalannya antrean di layar ruang tunggu. Layanannya lebih eksklusif, modern, dan transparan,” ujar dr Chreslina.

Lebih lanjut Chreslina menjelaskan, pihaknya telah menyosialisasikan adanya fitur pengambilan antrean secara online kepada Peserta JKN-KIS lewat grup Whatsapp dan secara lisan saat peserta berkunjung.

Chreslina meyakini layanan kesehatan di Kliniknya akan semakin nyaman bila fitur ini dimanfaatkan oleh mayoritas pasien.

“Beberapa pasien sudah menggunakan fitur itu dan saya lihat mereka bisa memperkirakan sendiri waktu kehadirannya. Karena di Mobile JKN kelihatan antreannya kurang berapa. Seandainya mayoritas pasien sudah memanfaatkan fitur ini maka waktu tunggu mereka bisa lebih singkat dan ruang tunggu pasti banyak kosongnya.

 Saya ingin sekali mereka memanfaatkan fitur ini supaya layanan semakin nyaman,” tambah Chreslina.

Untuk dapat mengakses antrean secara online peserta JKN-KIS dapat memilih menu “Pendaftaran Pelayanan” pada aplikasi Mobile JKN dan menyampaikan keluhan medis yang dirasakannya. Peserta yang sudah mendapatkan nomor antrean via Mobile JKN cukup konfirmasi di Loket Pendaftaran FKTP agar disiapkan rekam medisnya.

Antrean yang didapatkan sama dengan antrean peserta yang datang langsung karena kedua aplikasi ini saling terhubung.

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia