Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Pohon Sono Kering Rawan Tumbang

Bahaya, Warga Minta Dinas LH Segera Memotong

13 Februari 2020, 10: 46: 22 WIB | editor : Adi Nugroho

Pohon

BERBAHAYA: Pohon kering di Jl Jaksa Agung Suprapto belum dipangkas. Warga khawatir pohon bisa ambruk jika turun hujan bercampur angin. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Pohon sono mengering di Jl Jaksa Agung Suprapto membuat warga resah. Mereka khawatir pohon tersebut bisa ambruk setiap saat dan membahayakan pengendara yang melintas. Warga pun meminta dinas lingkungan hidup (LH) agar segera memotongnya.

Puguh, 74, warga setempat mengatakan, pihaknya sudah melaporkan tentang pohon sono yang mengering itu ke dinas LH. Hanya saja, hingga kemarin belum ada respons. “Katanya masih kurang personel untuk memotong. Kami siap membantu tenaga kalau dibutuhkan,” ujar Puguh.

Dikatakan Puguh, di musim hujan yang sering disertai angin kencang seperti sekarang, warga semakin khawatir. Apalagi, selain pohon sono yang mengering itu, pohon hijau di sana juga terlalu rimbun. “Beberapa waktu lalu juga ada yang tumbang,” lanjutnya.

Tidak hanya itu, Puguh juga menunjukkan beberapa pohon yang akarnya mulai rapuh. Dia khawatir pohon tersebut juga rawan ambruk saat hujan deras. “Kami tidak berani memotong sendiri. Menyalahi aturan,” terangnya.

Pantauan koran ini, pohon-pohon yang rawan tumbang juga didapati di Jl Gubernur Suryo dan Jalan Wachid Hasyim Kelurahan Kauman, Kota Nganjuk. Yuni, 44, warga yang tinggal di Jl Wachid Hasyim menyebut, batang pohon yang ada di depan rumahnya sering kali patah saat tertiup angin. “Batang dan rantingnya ke jalan dan kena atap. Tapi kalau kami potong nanti kena sanksi,” keluh perempuan berambut panjang itu.

Terpisah, Kepala Dinas LH, Tri Wahju Koentjoro meminta warga di Jl Jaksa Agung Suprapto untuk menunggu. Alasannya, di daerah lain juga banyak warga yang mengajukan pemotongan pohon. “Yang mengajukan banyak, segera saya konfirmasi ke bidang yang membidangi,” jelas mantan Camat Kota Nganjuk ini.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia