Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI
PERSIK KEDIRI vs MADURA UNITED

Gethuk Ubah Formasi Persik, Bordon dan Vega Berpeluang Starter

12 Februari 2020, 18: 41: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

sackie doe persik

SIAP BERDUAL: Sackie Doe, gelandang naturalisasi Persik saat bermain melawan Persebaya. (Anwar Basalamah - radarkediri)

Share this          

BANGKALAN, JP Radar Kediri – Jangan berharap pelatih Joko Susilo akan menurunkan formasi yang sama di setiap laga di Piala Gubernur Jatim ini. Melawan Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, nanti malam, Gethuk –sapaan akrabnya- sudah mengindikasikan hal itu. Bakal mengubah lagi penampilan timnya.

Saat melakoni laga pembuka versus Persebaya, Senin lalu (10/2), Persik Kediri tampil kurang percaya diri di babak pertama. Tidak ada ancaman yang bisa mereka berikan kepada lawan. Namun, hal itu berbeda setelah turun minum. Setelah restart itu mereka tampil sangat baik.

Hasilnya, beberapa peluang emas mampu diciptakan Faris Aditama dkk. Meskipun mereka hanya mampu membalas satu gol saja lewat tandukan Ante Bakmaz. Karena itulah, sebenarnya, perubahan formasi di babak kedua itu sangat signifikan untuk mengimbangi lawan.

Nah, saat ditanya kemungkinan kembali menerapkan formasi seperti di babak kedua saat melawan Madura United nanti, Joko menegaskan tidak. “Tidak saya terapkan,” tegasnya saat ditemui usai memimpin latihan timnya di Lapangan Atletik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kemarin.

Joko beralasan Piala Gubernur bukan tujuan utama Persik. Sasaran yang sesungguhnya adalah Liga 1. Karenanya, dia perlu melakukan simulasi formasi di setiap pertandingan. Termasuk melakoni laga kedua melawan Laskar Sape Kerrab, julukan Madura United. “Kami butuh simulasi untuk menemukan formula yang paling tepat di Liga 1,” kilahnya.

Dengan simulasi tersebut, Joko mengakui memang akan membuat permainan Persik berubah-ubah. Bahkan, ada kemungkinan tampil buruk ketika formasi yang dipakai tidak pas. “Jadi Persikmania (pendukung Persik) harus memahami soal itu. Pasti ada kekecewaan,” terang mantan asisten pelatih Simon McMenemy di Timnas Indonesia ini.

Meski demikian, bukan berarti tim pelatih tidak mempersiapkan secara serius pertandingan melawan Madura United. Dalam latihan pagi kemarin, Joko melakukan recovery untuk para pemainnya yang tampil di laga pertama. Sehingga mereka diharapkan bisa fit 100 persen malam ini.

Untuk pemain yang belum berlaga, Joko mengungkapkan, ada sedikit rekondisi. Termasuk dua pemain asing mereka. Yakni Gaspar Vega dan Patrik Bordon.

Apakah mereka akan dimainkan? Joko tidak memberikan jawaban pasti. Karena ingin banyak melakukan perubahan, Vega dan Bordon dimungkinkan bisa diturunkan. “Bisa iya bisa tidak (diturunkan). Kita lihat kondisi terakhirnya,” ucap pelatih kelahiran Cepu, Jawa Tengah (Jateng) ini.

Di pihak lawan, pelatih Madura United Rahmad Darmawan menegaskan akan mengejar kemenangan saat bersua Persik. Menurutnya itu penting untuk membangun mentalitas pemain. “Kalau ditanya targetnya apa, ya menang,” kata pelatih yang akrab disapa RD ini.

Sama seperti tim lain, Rahmad akan melakukan rotasi besar-besaran di pertandingan hari ini. Dia menyebut sebanyak 80 persen pemainnya yang diturunkan ketika melawan Bhayangkara FC bakal diganti. “Saya ingin memainkan semua pemain,” kata pelatih yang pernah sukses bersama Sriwijaya FC ini.

Rahmad memprediksi, Persik akan menurunkan pemain asingnya. Tiga pemain sudah bergabung bersama tim. Karenanya, penampilan mereka pasti lebih baik. “Sepertinya akan dimainkan untuk besok (hari ini, Red),” pungkasnya.

Perkiraan Formasi Persik v Madura United

Persik (3-4-3)

Kiper : Fajar Setya

Belakang : Vava Mario Yagalo, Ante Bakmaz, Munhar

Tengah : Ibrahim Sanjaya, Gaspar Vega, Ady Eko Jayanto, Dany Saputra

Depan : Antoni Putro Nugroho, Patrik Bordon, Faris Aditama (c)

Pelatih : Joko Susilo

Madura United (4-4-2)

Kiper : M. Ridho

Belakang : Dody Alexvan Djin, Risna Prahalabenta, Fachrudin, Rendika

Tengah : Syahrian Abimanyu, Fereira, Zahrahan, Tuharea

Depan : Greg Nwokolo (c), David Laly

Pelatih : Rahmad Darmawan

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia