Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Cegah Trouble, Pasang Internet Kecepatan Tinggi

Gunakan Jl WR Supratman untuk Parkir Motor

12 Februari 2020, 15: 32: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

KANTONG PARKIR: Jl WR Supratman di utara Balai Budaya akan digunakan sebagai tempat parkir peserta tes CPNS yang membawa kendaraan roda dua.

KANTONG PARKIR: Jl WR Supratman di utara Balai Budaya akan digunakan sebagai tempat parkir peserta tes CPNS yang membawa kendaraan roda dua.

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk terus mematangkan persiapan jelang tes CPNS Sabtu (15/2) nanti. Termasuk, mengantisipasi terjadinya trouble atau gangguan dengan memasang internet berkecepatan tinggi.

Kepala BKD Nganjuk Sopingi melalui Kabid Pengadaan dan Mutasi Agus Heri Widodo mengatakan, sesuai anjuran Badan Kepegawaian Negara (BKN), jaringan internet untuk pelaksanaan tes CPNS minimal dengan kecepatan 5 Mbps. “Agar tidak ada masalah saat ujian nanti kami sediakan internet dengan kecepatan 10 Mbps,” ujar Agus.

Terkait pemasangan internet dengan kecepatan tinggi itu, Agus mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas komunikasi dan informatika (kominfo). Selain menyiapkan internet dengan kecepatan tinggi untuk pelaksanaan tes seleksi kompetensi dasar (SKD), Agus menjelaskan pihaknya juga akan menggelar uji coba dalam waktu dekat.

Kapan uji coba dilakukan? pria yang akrab disapa Agus brewok itu menjelaskan, BKD masih menunggu kesiapan komputer. “Saat ini komputer (milik sekolah, Red) masih dipakai untuk try out,” lanjut Agus.

Sesuai rencana, sebanyak 330 unit komputer akan dibawa ke gedung Balai Budaya Pu Sindok pada Kamis (13/2) mendatang. Setelah ratusan unit komputer itu siap dan terpasang jaringannya, BKD akan menggelar uji coba. Tepatnya, sehari sebelum pelaksanaan SKD atau Jumat (14/2) nanti.

Seperti diberitakan, dari 330 unit komputer yang akan dipinjam dari sejumlah SMP di Nganjuk, BKD hanya akan menggunakan 300 unit di antaranya. Jumlah itu sesuai dengan jaringan yang disiapkan oleh BKN. Adapun 30 unit lainnya digunakan sebagai cadangan. Mengantisipasi jika ratusan komputer yang disiapkan bermasalah.

Sementara itu, selain menyiapkan internet dan komputer, panitia tes CPNS juga menyiapkan sejumlah lokasi parkir untuk peserta tes. Sesuai hasil koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, kantong parkir peserta disiapkan di sejumlah lokasi.

Parkir kendaraan roda dua akan dipusatkan di Jl WR Supratman atau sebelah utara Balai Budaya. Selanjutnya, parkir roda empat tersebar di sejumlah lokasi. Mulai Jl Kartini, area pujahito, hingga Alun-Alun Nganjuk.

BKD, jelas Agus, sudah berkoordinasi dengan Karang Taruna. Nantinya, mereka akan menjaga kendaraan peserta selama pelaksanaan ujian. “Nanti sifatnya penitipan, akan dijaga oleh Karang Taruna,” ungkapnya sembari menyebut penjagaan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminalitas.

Untuk menjaga lokasi ujian, BKD juga sudah berkoordinasi dengan Polres Nganjuk, Kodim 0810, dinas perhubungan (dishub) dan satpol PP. “Kami tidak tentukan berapa jumlah personilnya, itu kebijakan masing-masing instansi,” imbuh pria asal Kelurahan Werungotok, Kota Nganjuk itu tentang teknis pengamanan.

Pengamanan, menurut Agus dilakukan sejak komputer untuk pelaksanaan tes didatangkan di Balai Budaya. “Setidaknya nanti gedung Balai Budaya dijaga oleh satpol PP demi keamanan komputer di sana,” tandasnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia