Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI
PERSEBAYA (3) V (1) PERSIK

Selamat Datang di Liga 1, Persik

piala gubernur jatim 2020

11 Februari 2020, 16: 35: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

PECAH TELUR: Pemain asing Persik, Ante Bakmaz, usai memungut bola dari gawang Persebaya usai mencetak gol dalam pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan, kemarin.

PECAH TELUR: Pemain asing Persik, Ante Bakmaz, usai memungut bola dari gawang Persebaya usai mencetak gol dalam pertandingan di Stadion Gelora Bangkalan, kemarin. (Anwar Bahar Basalamah - JP Radar Kediri)

Share this          

BANGKALAN, JP Radar Kediri – Selamat datang di Liga 1, Persik! Itulah kata-kata pertama yang terlontar dari pelatih Joko Susilo setelah laga pembuka melawan Persebaya di Piala Gubernur Jawa Timur, kemarin. Bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, Macan Putih harus mengakui keunggulan Green Force –julukan Persebaya- dengan skor 3-1.

Perbedaan kualitas antara kedua tim terlihat di babak pertama. Meski Persebaya menurunkan mayoritas pemain mudanya, Faris Aditama dkk kewalahan menghentikan pergerakan Supriadi, Muhammad Hambali Tholib, dan Koko Ari Araya.

Persebaya langsung unggul 3-0. Gol pertama tercipta di menit ke-20 lewat sepakan kaki kiri Supriadi. Pemain timnas U-19 itu memanfaatkan blunder pemain belakang Persik yang salah melakukan passing.

Di menit ke-43, sebuah pelanggaran di luar kotak penalti dikonversi dengan cantik lewat tendangan bebas oleh Hambali. Di injury time, kesalahan kembali terulang. Ante Bakmaz, salah satu pemain asing Persik asal Australia menjatuhkan Supriadi di dalam kotak 12 pas.

M. Alwi Slamet yang ditunjuk menjadi algojo, sukses menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0. “Di babak pertama pemain kami banyak melakukan kesalahan,” kata Joko usai pertandingan.

Setelah turun minum, pria yang akrab disapa Gethuk ini melakukan banyak perubahan. Dia memasukkan Andri Ibo, Sackie Teah Doe, dan Antoni Putro Nugroho. Masuknya tiga pemain senior tersebut membuat permainan Persik membaik.

Mereka mulai mendominasi. Meski Persebaya memasukkan pemain asingnya seperti Makan Konate, Mahmoud Eid, dan David Da Silva, Persik tetap mampu mengimbangi. “Kami punya banyak peluang. Setidaknya ada 2-3 peluang. Meski akhirnya hanya satu gol yang tercipta,” ujar mantan asisten pelatih Simon McMenemy di Timnas Indonesia ini.

Satu gol balasan itu dicetak Ante Bakmaz lewat kepalanya di menit ke-51. Mantan pemain Madura United itu memanafaatkan tendangan sudut yang diambil Faris.

Dengan hasil tersebut, Joko sebenarnya ingin mengingatkan para pemainnya bahwa mereka sekarang sudah berada di Liga 1. Permainan di babak awal terasa sekali perbedaannya dibanding babak kedua. “Saya katakan selamat datang di Liga 1. Ya seperti inilah nanti persaingan di liga. Awalnya kurang percaya diri. Permainan kami mulai membaik setelah beberapa pemain beradaptasi di babak kedua,” ucap Joko.

Ya, sebelumnya Joko mengakui kekuatan timnya baru 50 persen. Beberapa pemain seperti Ibo dan Paulo Sitanggang baru bergabung bersama tim. Termasuk tiga penggawa asing. Apalagi mereka juga belum sempat menjajal rumput di Gelora Bangkalan. “Bek kami belum siap. Karena banyak yang baru bergabung. Tapi bagaimana lagi harus tetap dimainkan,” ungkap pria kelahiran Cepu, Jawa Tengah (Jateng) ini.

Di laga berikutnya, Joko berharap, penampilan pemainnya semakin membaik. Optimisme itu muncul setelah melihat permainan anak asuhnya di babak kedua.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso mengaku puas dengan penampilan pemain mudanya. Di Piala Gubernur, pria asal Malang itu memang ingin merotasi pemainnya. “Kami ingin memunculkan pemain-pemain muda. Banyak yang potensial. Ada Koko, Hambali, dan Supri,” ungkapnya.

Sebagai kawan lama, Aji ingin coach Gethuk juga berprestasi di Liga 1. Menurutnya Persik hanya kurang cepat beradaptasi karena pemainnya baru berkumpul. “Selebihnya mereka adalah tim yang bagus,” ujar pelatih yang menukangi PSIM Jogjakarta di Liga 2 musim lalu itu.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia