Minggu, 05 Apr 2020
radarkediri
Home > Show Case
icon featured
Show Case

Tips Pilih Velg Mobil: Yang Orisinal Lebih Ringan dan Tahan Lama

06 Februari 2020, 18: 09: 14 WIB | editor : Adi Nugroho

velg mobil kediri

BANYAK PILIHAN: Aneka velg mobil yang bisa menjadi pilihan aksesoris mempercantik mobil (Habibah Anisa - radarkediri)

Share this          

Bagi mereka yang memiliki mobil, pastinya mempercantik kendaraan adalah suatu kepuasan pribadi. Untuk mempercantik mobil, banyak sekali yang dapat dilakukan. Selain melakukan body repair, mengganti velg roda akan membuat mobil terlihat berbeda.

Namun harus diketahui, bahwa di pasaran tidak hanya dijual velg orisinal. Akan tetapi, juga dijual velg replika. “Selain dari segi harga, tentu saja bahan yang digunakan velg orisinal dan replika sangatlah berbeda,” terang Rudy Susanto, General Manager (GM) Sinar Ban.

Rudy menjelaskan, bahan yang digunakan untuk velg orisinal menggunakan material aluminium lebih banyak. Di mana aluminium tersebut dipadatkan melalui cetakan. Sehingga secara otomatis, bahan yang digunakan velg murni paling banyak menggunakan almunium. “Jika dibandingan dengan velg  replika, untuk velg orisinal lebih ringan,” imbuhnya.

Alasan kenapa velg orisinal lebih ringan, hal tersebut dikarenakan materialnya menggunakan murni almunium. Sementara bahan yang digunakan pada velg replika memiliki campuran besi lebih banyak.

Sehingga dalam ketahanan, velg terbuat almunium jauh lebih kuat dari velg yang terbuat dari besi. Besi memang memiliki sifat yang keras, akan tetapi jika terkena benturan terlalu keras bisa membuat velg menjadi berlekuk hingga retak.

“Namun almunium sebenarnya juga sama, karena pada dasarnya logam kalau terkena benturan bisa retak hingga penyok. Akan tetapi, bahan yang paling kuat adalah almunium,” tutur Rudy.

Sementara itu, untuk melihat perbedaan velg orisinal dan velg replika selain dari berat namun juga terlihat dari detail pembuatan. Untuk velg asli akan memiliki kode produksi yang dicetak atau embos.

Hal ini bukan stiker yang mudah untuk dilepas, seperti yang terdapat pada velg replika. Pada velg asli menggunakan kata made in pada kode pembuatan produksi, dan terdapat nomor seri produksi yang dapat dipertanggung jawabkan bukan hanya sekedar tempelan saja. “Baik original maupun replika memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing,” ungkap Rudy.

Pada penggunaan velg replika, asal pemakaian tepat dan normal akan tidak akan terjadi masalah. Akan tetapi, velg orisinal juga tidak dapat dijamin kualitasnya. Untuk keawetan velg tergantung kondisi roda yang digunakan. Selain ketebalan pada roda, juga tergantung pada tekanan angin. Namun semua itu, kembali lagi dengan pemakaian konsumen.

 

 

Velg Berdasarkan Jenis Material

Velg Baja (Steel)

 Jenis ini merupakan salah satu jenis terkuat dibanding jenis material velg lainnya. Meskipun berimbas pada berat yang tentunya mempengaruhi performa mobil. Selain itu jenis ini memiliki fleksibilitas desain yang minim. Jadi pilihannya tidak jauh dari bentuk kaleng yang berlubang-lubang.

Velg Alumunium

Velg alumunium (alloy) terdiri dari paduan alumunium, magnesium dan nickel yang memungkinkan ketahanan lebih kuat dengan bobot yang lebih ringan. Selain itu, velg jenis ini lebih mudah dibentuk menjadi berbagai jenis desain. Kedua faktor tersebut, ketahanan dan desain, menjadikan velg jenis ini sampai sekarang menjadi jenis yang paling populer baik itu velg pabrikan maupun aftermarket.

Velg Magnesium

Velg magnesium juga memiliki lebih mampu meredam guncangan dan panas (dari rem). Jarang digunakan karena lebih rentan terhadap korosi. Itulah kenapa velg magnesium kebanyakan hanya digunakan untuk keperluan balapan.

Velg Carbon

Carbon fiber sudah lama dikenal sebagai material yang ringan dan kuat yang seringkali menjadi material chassis serta body dari mobil-mobil supercar. Proses pembentukan carbon fiber memang tidak semudah dan secepat logam seperti alumunium dan besi. Belum ditambah harganya yang mahal.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia