Selasa, 31 Mar 2020
radarkediri
Home > Hukum & Kriminal
icon featured
Hukum & Kriminal

Warga Ngadiboyo Nekat Curi Perhiasan Tetangga

Pelaku Pernah Gasak Uang Tunai Ratusan Ribu

28 Januari 2020, 10: 55: 01 WIB | editor : Adi Nugroho

Emas

MASIH UTUH: Barang bukti emas yang dicuri Purnomo, 35, dari rumah tetangganya belum sempat dijual. (Polsek Rejoso for radarkediri.id)

Share this          

REJOSO, JP Radar Nganjuk – Ulah nekat Purnomo, 35, mencuri perhiasan Hermanto, 32, tetangganya sendiri harus dibayar mahal. Kini, pria yang tinggal di Dusun Bangsri, Desa Ngadiboyo, Rejoso itu harus mendekam dibalik jeruji besi.

Kapolsek Rejoso AKP Burhanudin mengatakan bahwa Purnomo diamankan pihaknya di rumah salah satu perangkat setempat, Sabtu (25/1) pagi. Pria berambut pendek itu ditengarai telah merasa kejahatannya bakal terbongkar. Karenanya dia menyerahkan diri ke perangkat desa.

“Dari hasil penyelidikan kami, yang bersangkutan memang kami curigai. Mungkin merasa sudah mulai terbongkar kejahatannya, pelaku akhirnya menyerahkan diri ke perangkat desa dan kami amankan di sana,” papar Burhan saat dihubungi Jawa Pos Radar Nganjuk, kemarin.

Dikatakan Burhan, rumah pelaku dan korban tidak begitu jauh. Bahkan masih tergolong dalam satu lingkungan yang sama. Korban dan pelaku juga saling kenal satu sama lain. “Rumahnya paling hanya berjarak sekitar 30 meter,” lanjut Burhan.

Lebih jauh Burhan menjelaskan, pencurian dilakukan Purnomo pada Minggu (19/1) lalu. Kala itu, Herman dan Siti Mahmudah, 23, istrinya meninggalkan rumah sekitar pukul 06.00. Keduanya berencana untuk berangkat ke sawah.

Sebelumnya pemilik rumah mengaku sudah mengunci rumahnya dengan teliti. Termasuk pintu belakang yang dikunci dengan slot menggunakan kayu. “Korban memastikan rumahnya dalam keadaan terkunci,” imbuhnya.

Namun, sekitar pukul 10.30 saat pulang dari sawah, korban mendapati slot kayu tersebut telah jatuh ke tanah. Curiga, Herman lalu mengabarkan hal itu kepada istrinya. Keduanya pun refleks memeriksa barang-barang berharga yang disimpan di rumah.

“Saat dicek, ternyata tiga gelang dan tiga buah cincin emas milik korban (Siti, Red) yang disimpan di lemari telah hilang,” tutur orang nomor satu di Polsek Rejoso. Tak hanya  itu, uang Rp 700 ribu juga tak luput digasak oleh Purnomo.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (tkp), petugas meyakini bahwa pelaku mencongkel pintu belakang rumah korban. Pasalnya, petugas juga mengamankan sebuah obeng minus warna hitam dan sebuah besi cukit yang digunakan Purnomo.

“Atas kejadian tersebut, korban mengaku menderita kerugian sekitar Rp 6 juta,” timpal Burhan. Meski begitu, perhiasan yang dicuri Purnomo masih dalam keadaan utuh. Belum dijual. Hanya saja uangnya telah dipakai pelaku.

Lebih jauh, Burhan mengatakan bahwa Purnomo juga pernah melakukan kasus pencurian uang sebesar Rp 5 juta dari tetangganya. Uang itu telah habis digunakan untuk kebutuhan sehari-harinya.

“Pihak keluarga pelaku mengaku akan mengganti kerugian tersebut. Tapi saya bilang proses hukum pelaku akan tetap berjalan,” ungkap perwira dengan tiga balok emas tersebut.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia