Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Diresmikan, Kantor Imigrasi Kediri Punya Fasilitas Sekelas Bandara

24 Januari 2020, 16: 11: 13 WIB | editor : Adi Nugroho

NYAMAN: Dari kiri, Inspektur Jenderal Kemenkumham Jhoni Ginting, Dijen Imigrasi Ronny F. Sompie, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, dan Kepala Imigrasi Kediri Rakha Sukma Purnama di Kantor Imigrasi Kediri yang diresmikan, kemarin.

NYAMAN: Dari kiri, Inspektur Jenderal Kemenkumham Jhoni Ginting, Dijen Imigrasi Ronny F. Sompie, Bupati Kediri Haryanti Sutrisno, dan Kepala Imigrasi Kediri Rakha Sukma Purnama di Kantor Imigrasi Kediri yang diresmikan, kemarin. (Mualifu Rosyidin - radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri -  Tiga gedung imigrasi baru yang berada di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jawa Timur diresmikan kemarin (23/1) sekitar pukul 11.00 WIB.

Prosesi potong pita tersebut bertempat di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kediri. Kantor yang diresmikan serentak di Kanim Kediri tersebut antara lain Kanim Kelas III Non-TPI Ponorogo dan Kanim Kelas III Non-TPI Pamekasan. “Jadi, tiga kantor imigrasi diresmikan serentak di Kediri,” ujar Kasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) Kanim Kelas II Non TPI Kediri Catur Adi Putra.

          Dengan sambutan Reog Ponorogo dan beberapa tarian daerah yang lain, acara berlangsung meriah. Peresmian tersebut turut mengundang Inspektur Jenderal Kemenkumham Jhoni Ginting yang mewakili Menkumham Yasonna H Laoly yang kebetulan tidak bisa hadir, serta Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie, pimpinan tinggi pratama dan madya Kemenkumham di pusat dan wilayah, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

          Jhoni menyampaikan dalam pidatonya, Yasonna mengucapkan terima kasih untuk Bupati Kediri, Ponorogo dan Pamekasan yang telah menghibahkan tanah untuk operasional dan Kanim yang hari ini akan diresmikan. Pembangunan tiga kantor tersebut merupakan sinergi yang baik antara instansi pusat dan daerah secara vertikal dan horizontal. “Jika kita (instansi terkait, Red) guyub, masyarakat terlayani dengan baik” ujarnya.

Untuk diketahui, fasilitas Kanim Kediri digadang-gadang sebagai kantor dengan fasilitas sekelas bandara. Fasilitas ruang tunggu yang luas dan full ac, ruang baca, halaman parkir luas dan yang menjadi andalan adalah Ramah HAM.

Fasilitas Ramah HAM tersebut dikhususkan bagi pemohon disabilitas. Dengan adanya kursi roda beserta jalurnya, dapat dengan mudah dalam mendapatkan pelayanan setara dengan pemohon non-disabilitas.

Dalam peresmian kemarin, Kanim Kediri juga menggandeng komunitas disabilitas dan komunitas motor tua. Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri (PDKK) turut hadir untuk mensimulasikan bagaimana cara kerja fasilitas Ramah HAM tersebut.

Sedangkan, komunitas motor tua, diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat untuk menyosialisasikan pelayanan kantor imigrasi dengan wajah baru tersebut. “Seperti sebar brosur dan informasi yang lain, kalau ada komunitas tersebut kan masyarakat jadi tertarik,” terang Catur.

          Jhoni juga menyerahkan sertifikat penghargaan kepada Bupati Kediri Haryanti Sutrisno. Penghargaan tersebut berkat sinergitas yang baik dan dukungan yang baik, dari penghibahan tanah, pendanaan proyek kantor imigrasi dan hal-hal lainnya terkait dengan berdirinya kantor Imigrasi Kediri.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia