Selasa, 25 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Ini Hukuman untuk Pencuri 3 Ekor Sapi Milik Tetangga di Besuk, Gurah

24 Januari 2020, 13: 00: 43 WIB | editor : Adi Nugroho

TERIMA PUTUSAN: Terdakwa Tohari mengikuti persidangan kasus pencurian sapi di ruang Kartika, Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, kemarin (Kamis, 23/1).

TERIMA PUTUSAN: Terdakwa Tohari mengikuti persidangan kasus pencurian sapi di ruang Kartika, Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, kemarin (Kamis, 23/1). (HABIBAH A. MUKTIARA-JP Radar Kediri)

Share this          

NGASEM, JP Radar Kediri– Tohari, 44, tersangka kasus pencurian sapi, divonis lima bulan penjara di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri, kemarin. Warga Dusun Banjarjo, Desa Besuk, Gurah ini terbukti mengambil tiga lembu tetangganya.

“Terdakwa kami nyatakan bersalah melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan,” terang Ketua Majelis Hakim Agus Tjahjo Mahendra di ruang Kartika, Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri, kemarin.

Putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Tomy Marwanto. Sebelumnya, ia menuntut Tohari enam bulan penjara. Perbuatan terdakwa kelahiran 1974 itu telah melanggar pasal 363 ayat (1) ke-1 KUHP.

Selain membacakan vonis, hakim juga membacakan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam menjatuhkan putusan. “Hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat,” ujar Agus.

Sementara yang meringankan, selama persidangan Tohari bersikap sopan. Selain itu, laki-laki yang bekerja buruh tani ini belum sempat menikmati hasil kejahatannya. Suparman, pemilik sapi, juga telah memaafkan perbuatannya.

Agus lalu memberi kesempatan terdakwa menanggapi vonis. Tohari pun menyatakan menerima putusan hakim. Setelah itu, agenda sidang berakhir pukul 13.30 WIB. Tohari kembali dibawa ke sel tahanan sementara PN Kabupaten Kediri.

“Barang bukti berupa tiga ekor sapi, tiga tali tambang warna biru, dan satu mobil pikap beserta STNK telah dikembalikan ke pemiliknya,” tutur JPU Tomy.

Untuk diketahui, kasusnya terjadi pada 19 September 2019 sekitar pukul 18.30. Tohari mengambil sapi milik Mujiyana dan Suparman dengan cara melepas tali kekang. Sapi dibawa satu per satu sapi ke kandang miliknya. Tohari kemudian meminjam pikap Kasmanudin untuk mengangkut. Tiga sapi sempat dinaikkan pikap AG 9811 GD. Namun, karena belum ada pembeli dititipkan ke Januri. (ara)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia