Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Show Case

Body Repair Tak Hanya untuk Mobil Rusak

23 Januari 2020, 02: 30: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

otomotif kediri

PROSES : Petugas Auto 2000 Kediri sedang melakukan proses perlindungan kendaraan. Kegiatan itu dilakukan sebelum tahap pengecatan. (Habibah Anisa - radarkediri)

Share this          

Body repair tak sekadar menangani mobil yang bermasalah. Namun juga dapat dimanfaatkan untuk mempercantik kendaraan.

Setiap orang pasti ingin kendaraannya selalu terlihat indah. Tidak cukup bersih saja. Untuk mewujudkannya, salah satu upayanya dengan melakukan body repair.

“Sebagian besar selain perbaikan, juga ada yang melakukan perawatan,” terang Anggit Yuliartono Marsudi, Service Head Auto 2000 Kediri.

Dia menjelaskan, body repair tidak hanya memperbaiki bagian mobil yang rusak. Namun juga digunakan mempercantik kendaraan. Di antaranya dengan pengecatan ulang. “Kebanyakan orang melakukan perawatan mobil. Pemilik ingin cat mobil selalu terlihat bagus,” paparnya.

Ketika memiliki masalah pada mobil, mulai yang rusak, penyok, atau cat terkelupas harus diperbaiki. Ini dapat dilakukan spesialis bodi dan cat. Namun pemilik kendaraan harus hati-hati memilih bengkel cat mobil atau body repair.

Anggit mengingatkan, jangan hanya tergiur harga murah. Tidak jarang, hasil pengecatan malah belang karena hanya mengejar harga murah dan cepat selesai. “Untuk waktu pengerjaan, tergantung yang dikerjain. Kalau full body, biasanya membutuhkan waktu sekitar dua minggu,” urainya.

Anggit memaparkan, beberapa tahapan mengecat ulang. Proses pertama adalah pendempulan. Ini diawali pembersihan terlebih dahulu. Setelah itu, pengamplasan pada bagian-bagian tertentu atau keseluruhan yang akan dicat.

“Setelah pendempulan, kemudian proses perlindungan. Di mana bagian yang tidak ikut dicat, terlebih dahulu ditutup menggunakan kertas,” ulasnya.

Dalam proses ini, bagian handel pintu hingga spion terlebih dahulu dilepas. Untuk pola kertas, dapat disesuaikan bentuk bagian mobil yang ditutupi. Hal ini digunakan untuk menghindari cat belepotan dan hasilnya menjadi buruk.

Setelah diberi perlindungan, untuk pengecatan dilakukan di ruang tersendiri. Mengapa pengecatan dilakukan di ruang berbeda? Tujuannya, agar partikel cat yang nantinya disemprotkan tidak beterbangan dan mengenai mobil lain. Biasanya setelah dicat, agar mobil terlihat berkilau dilakukan proses varnish.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia