Senin, 06 Apr 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Pemkab Beri Bantuan Warga Tak Mampu Terdampak Bandara Kediri

17 Januari 2020, 19: 02: 49 WIB | editor : Adi Nugroho

tanjung baru bandara kediri

PULANG SEKOLAH: Seorang bocah melintas di halaman sekolah dasar yang berada di dekat daerah relokasi Tanjung Baru. (Didin Saputro - radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Dua warga yang terdampak pembangunan Bandara Kediri bisa bernapas lega. Setelah Pemkab Kediri memastikan akan memberikan bantuan Rp 30 juta untuk membangun rumah.

Mereka adalah Warimin dari Desa/Kecamatan Grogol dan Sunyaman dari Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan. “Ini baru dua, lainnya menyusul. Masih proses inventarisasi,” terang Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kediri Sukadi.

Dijelaskan Sukadi, pihaknya masih memastikan dokumen lengkap karena hanya mereka yang tergolong tidak mampu yang berhak mendapatkan bantuan. “Dokumen harus lengkap,” tegasnya.

Bandara Kediri

Bandara Kediri (radarkediri)

Bantuan itu senilai Rp 30 juta per orang. Program ini, jelas Sukadi sebagai upaya Pemkab meningkatkan kesejahteraan warga terdampak bandara. Salah satunya adalah bagi rumah mereka yang sebelumnya tergolong kumuh dan berasal dari warga kurang mampu.

Warimin dan Sunyaman selanjutnya memilih Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan sebagai kediaman baru. “Meski bukan di lokasi Tanjung Baru, untuk bantuan-bantuan tetap kita berikan. Yang terpenting mereka memenuhi syarat ,” jelasnya.

Memang, solusi lainnya untuk warga kurang mampu adalah tukar guling di Tanjung Baru. Lokasi baru yang disiapkan investor dan Pemkab Kediri dan masih berada di Desa/Kecamatan Grogol.

Lebih lanjut, Sukadi menyebut bahwa mereka yang tidak mampu dan berhak mendapat bantuan itu adalah yang masuk database desa sebagai warga kurang mampu. Dalam pengajuannya juga harus dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari desa yang diketahui camat.

“Selain bantuan tambahan proses pembangunan rumah, nanti juga akan diberikan bantuan untuk fasilitas umum, air bersih dan juga saluran listrik juga akan dibantu oleh Pemkab,” tambahnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, keluhan ada warga tak mampu untuk membeli lahan memang telah mendapat respon dari PT Surya Dhaha Investama (SDhI) dan Pemkab Kediri. Salah satunya yakni dengan menyiapkan lahan untuk tukar guling.

Lahan ini hanya untuk warga yang kurang mampu sesuai dengan database desa dan Dinas Sosial. Bahkan kemarin sudah ada dua warga kurang mampu di Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan dan Desa Grogol yang mendapat dana santunan Rp 30 juta. Itu bisa untuk kepentingan membangun rumah.

Mereka yang Dibantu

Jumlah Bantuan: Rp 30 Juta/Orang

Penggunaan: Tambahan Biaya Pembangunan Rumah Baru

Syarat Penerima: Verifikasi Database Warga Tidak Mampu

Penerima Sementara:

-         Warimin (warga Desa/Kecamatan Grogol)

-         Sunyaman (warga Desa Bulusari, Kecamatan Tarokan)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia