Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Pilbup Kediri: Ingin Jadi Penentu, PPP Usulkan Enam Nama ke DPP

17 Januari 2020, 18: 29: 27 WIB | editor : Adi Nugroho

ppp Taufik Chavifudin

PERCAYA DIRI: Ketua DPC Kabupaten Kediri Taufik Chavifudin. (Didin Saputro - radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Meski hanya mengantongi dua kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memastikan diri tak ingin dijadikan pelengkap. Karena itu, pihaknya terus fokus membangun koalisi dengan PKB.

“Kita ingin bisa menjadi kunci atau penentu,” kata Ketua DPC Kabupaten Kediri Taufik Chavifudin kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Ia mengatakan, hingga saat ini pihaknya sedang membuka komunikasi dengan semua bakal calon yang akan maju. Sampai saat ini sudah ada enam bakal calon yang tengah melakukan penjajakan. Seperti nama pasangan Mujahid-Eko Ediyono, Supadi, Insyaf Budi Wibowo, Yekti Murih Wiyati, dan M Ridwan. “Itu yang kita laporkan ke DPP dan DPW,” imbuhnya.

Padahal, Taufik menyebut DPC PPP Kabupaten Kediri sejauh ini tidak membuka pendaftaran. Dari usulan nama-nama tersebut, Taufik menjelaskan bahwa rekomendasi tetap menunggu keputusan DPP. “Kita melalui desk pilkada yang sudah kita bentuk, melaporkan secara tertulis nama-nama yang sudah merapat itu,” jelasnya.

Ia mengakui bahwa untuk menentukan kandidat yang benar-benar memiliki peluang besar terpilih. Pihak DPW dan DPP PPP akan menerjunkan tim survei terkait elektabilitas bakal calon. Survei itu untuk melihat siapa yang memiliki peluang paling besar terpilih atau dengan elektabilitas yang tinggi. “Termasuk masukan dari para masyaik atau kiai,” imbuhnya

Sementara sebelumnya, di kubu Nasdem, saat ini juga tengah menunggu keputusan DPP terkait koalisi. Begitu juga dengan Partai Golkar yang memiliki enam kursi juga memastikan akan tergabung dalam koalisi. Hanya saja, partai mana yang akan digandeng, Ketua DPC Partai Golkar Sigit Sosiawan belum bisa membeberkannya. “Secara formal belum, hanya informal dengan beberapa parpol,” ungkapnya.

Terakhir, di kubu Partai Gerindra juga tengah getol mempersiapkan hal ini. Sekretaris DPC Partai Gerindra Abdul Rozaq menyampaikan bahwa mengingat partainya hanya mendapat 5 kursi di legislatif, tentu ia juga intensif melakukan komunikasi dengan partai lain. “Kami terus melakukan komunikasi pada partai-partai koalisi,” ujarnya.

Ia menegaskan bahwa ingin ada kandidat yang berasal dari partainya, sehingga dalam penjaringan ini, tentu partai berlambang garuda emas ini akan benar-benar teliti untuk mendapat sosok yang bisa diandalkan maju menjadi Bupati Kediri.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia