Selasa, 31 Mar 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Tebing di Mojo Longsor, Dua Rumah Ambrol

17 Januari 2020, 17: 38: 49 WIB | editor : Adi Nugroho

tebing longsor

KERJA BAKTI: Warga membersihkan material longsor di belakang rumah Muaji dan Nurohman di Dusun Suweru, Desa Petungroto, Kecamatan Mojo, pagi kemarin. (MUALIFU ROSYIDIN AL FARISI – radarkediri)

Share this          

MOJO, JP Radar Kediri – Hujan lebat di wilayah Kecamatan Mojo, Rabu (15/1), menyebabkan tebing longsor menimpa dua rumah. Tepatnya di Dusun Suweru, Desa Petungroto. Akibatnya, sekitar pukul 18.57 tembok dan peralatan dapur rusak.

Sebelumnya, hujan terjadi sekitar pukul 17.00. Tiba-tiba tebing di belakang rumah Muaji, 46, dan rumah anaknya, Nurohman, 25, runtuh. Tembok batako dapur dua rumah tersebut langsung ambrol. Tertimpa tanah bercampur lumpur. “Dados nggrojok ngoten Mas banyune mlebet griyo,” ujar Muaji.

Beberapa tetangga datang membantu mengamankan barang-barang yang masih bisa dipakai. Beberapa menit setelahnya, aliran listrik padam. Karena taka da pencahayaan, perbaikan dilanjutkan pagi kemarin (16/1).

longsor mojo

GOTONG ROYONG: Warga membersihkan sisa longsor. (MUALIFU ROSYIDIN AL FARISI – radarkediri)

Selang satu jam usai melapor, sekitar pukul 21.00 Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten Kediri beserta perangkat desa datang. Dari hasil koordinasi, disepakati kerja bakti pembersihan material longsor sekitar pukul 07.00.

Pembangunan dapur itu belum ada setahun. Sebelumnya dipakai hajatan Nurohman. Kemarin, sekitar 06.00 sekitar 50 orang dari BPBD, warga, perangkat desa, Koramil Mojo, Tim Siaga Bencana Desa (TSBD), dan Polsek Mojo kerja bakti. Kegiatan berlangsung hingga pukul 10.00. Mereka meratakan tebing agar air hujan tidak tertampung. Sekaligus mengangkut tanah bercampur lumpur ke halaman depan sementara waktu.

Mendukung kegiatan tersebut, BPBD memberi bantuan makanan. Untuk dua rumah terdampak sudah diberi bantuan dua paket sembako dan peralatan dapur. “Untuk bantuan material belum bisa dipastikan,” jelas Kepala URC Windoko.

Dia menambahkan, tidak ada korban jiwa. Longsor di belakang rumah Muaji dan Nurohman sudah dibersihkan. Potensi longsor susulan nihil.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia