Selasa, 31 Mar 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Rp 842 Juta Untuk Sewa Bus Sekolah

Dishub Berencana Tambah Armada Tahun Ini

16 Januari 2020, 14: 10: 27 WIB | editor : Adi Nugroho

GRATIS: Angkutan bus sekolah yang biasa dimanfaatkan siswa SMP dan SMA/SMK akan ditambah tahun ini.

GRATIS: Angkutan bus sekolah yang biasa dimanfaatkan siswa SMP dan SMA/SMK akan ditambah tahun ini. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk - Siswa SMP dan SMA dipastikan bisa kembali menikmati layanan bus sekolah gratis, tahun ini. Pasalnya, dinas perhubungan sudah menyiapkan anggaran senilai Rp 842,40 juta untuk sewa kendaraan. Lelang pengadaan kendaraan juga sudah masuk ke layanan pengadaan secara elektronik (LPSE).

          Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Nganjuk Nur Solekan mengatakan, tahun ini ada tujuh unit bus dan angkutan umum yang akan beroperasi untuk mengangkut siswa ke sekolah. “Rutenya masih sama seperti tahun lalu,” ujar pria yang juga menjabat plt sekretaris daerah (sekda) Nganjuk ini.

          Lebih jauh Nur mengungkapkan, pemkab masih harus menyewa kendaraan untuk angkutan sekolah gratis tersebut. Pasalnya, dinas perhubungan baru memiliki satu unit bus untuk angkutan sekolah. Adapun selebihnya selama ini memang menyewa. “Kalau nanti busnya sudah cukup kita tidak perlu sewa,” lanjutnya kepada JP Radar Nganjuk.

          Apakah pemkab berencana membeli bus baru tahun ini? Ditanya demikian, Nur menyebut jika tahun ini tidak ada anggaran untuk pengadaan bus sekolah. Meski demikian, dirinya tengah mengupayakan bantuan ke pusat. “Kami sudah usulkan di APBN untuk bantuan bus sekolah gratis tahun ini,” terangnya.

          Untuk diketahui, rencana penyewaan kendaraan untuk bus sekolah gratis sudah masuk LPSE. Selain tertera pagu senilai Rp 842,40 juta, di sana juga tertera

persyaratan kualifikasi teknis.

          Yakni, memiliki kemampuan menyediakan enam kendaraan dengan kapasitas 36 penumpang. Di sana juga tertera SDM tenaga teknis enam pengemudi, satu petugas administrasi, dan satu koordinator.

          Dengan anggaran senilai hampir Rp 900 juta tahun ini, berarti dana untuk bus sekolah gratis naik berlipat. Pasalnya, tahun lalu dishub hanya menganggarkan Rp 334,80 juta.

          Terkait hal ini, Kabid Angkutan dan Perbengkelan Dishub Nur Wisnu Banra menambahkan, kenaikan anggaran sewa itu karena armadanya juga ditambah. “Naiknya berapa saya tidak hafal. Besok (hari ini, Red) saja,” tuturnya.

          Seperti diberitakan sebelumnya, pemkab mengoperasikan satu unit bus bantuan dari pemerintah pusat. Selebihnya, mereka juga mengoperasikan 18 unit mobil penumpang umum (MPU).

Dalam operasinya, ada sekitar 15 ribu siswa SMP dan SMA/SMK yang memanfaatkan kendaraan ini. Belasan MPU tersebut melewati sembilan rute yang ditetapkan dishub. Selain Kota Nganjuk, kecamatan yang dilewati adalah Wilangan, Bagor, Sawahan, Pace, Tanjunganom, Sukomoro, Gondang, Berbek, dan Loceret.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia