Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Tiga Kali Dipenjara, Mencuri Lagi, Warga Udanawu Divonis di Kediri

15 Januari 2020, 14: 29: 56 WIB | editor : Adi Nugroho

residivis pencurian

TERIMA PUTUSAN: Ediono setelah selesai mengikuti persidangan kasus pencurian di ruang Cakra, Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, kemarin. (Habibah Anisa - radarkediri)

Share this          

NGASEM, JP Radar Kediri – Kendati pernah dibui, Ediono, 40, terdakwa kasus pencurian, belum jera. Bahkan, terhitung sudah kali ketiga aksinya diungkap polisi. Hingga dia harus mendekam di balik jeruji. Namun, itu belum bikin kapok.

Pada kasus pencurian keempatnya, laki-laki asal Desa Ringinanom, Kecamatan Udanawu, Blitar ini divonis satu tahun lima bulan penjara. “Untuk tiga kejadian lain dilakukan di Blitar, sementara di Kediri baru kali pertama,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yudo Wahono, dalam sidang, kemarin (14/1).

Vonis itu lebih ringan satu bulan dari tuntutannya. Sebelumnya, JPU menuntut satu tahun dan enam bulan penjara. Menurut Yudo, terdakwa kelahiran 1979  itu terbukti melanggar pasal 362 KUHP tentang pencurian.

Fakta dalam persidangan di ruang Cakra, Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Kediri, kasus pencurian terjadi 29 Agustus 2019. Ediono mencuri di kios burung milik Dwi Darsono, warga Dusun Kromasan, Desa Bendosari, Kecamatan Kras. Dia berhasil membawa kabur satu gawai merek Xiomi MI A2.

Pencurian kedua di Jl Tirtoudan, Kelurahan Tosaren, Kota Kediri. Ediono ngembat gawai Xiomi warna emas. Di hari yang sama, barang dijual pada Isnin Soleh Utomo Rp 800 ribu dan Rp 600 ribu. “Adapun yang memberatkan hukuman, perbuatan terdakwa meresahkan masyarakat dan pernah melakukan pencurian,” terang M. Fahmi Nugroho, ketua majelis hakim.

Sementara hal yang meringankan, Ediono berterus terang, sopan, dan menyesali perbuatannya. Setelah membacakan putusan, Fahmi memberi kesempatan, terdakwa menanggapi. “Saya menerima Pak Hakim,” jawab Ediono.

Begitu pula dengan JPU, Yudo menerima putusan tersebut. Setelah mendengarkan tanggapan itu, sidang pada siang itu langsung diakhiri.

Kasus Pencurian Terdakwa Ediono

Kejadian   Tuntutan            Putusan

2015           1 Tahun                8 Bulan      

2016           10 Bulan              7 Bulan

2018           1 Tahun                10 Bulan

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia