Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Ikan Naik, Harga Ayam Potong di Pasar Setonobetek Malah Turun

Belum Terpengaruh Imlek Seminggu Lagi

14 Januari 2020, 12: 21: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

TURUN HARGA: Lapak pedagang daging ayam potong di Pasar Setonobetek, Senin (13/1). Harganya turun dibanding awal tahun baru lalu.

TURUN HARGA: Lapak pedagang daging ayam potong di Pasar Setonobetek, Senin (13/1). Harganya turun dibanding awal tahun baru lalu. (HABIBAH A. MUKTIARA-JP Radar Kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Perayaan Tahun Baru sudah lewat dua minggu. Sementara, perayaan Imlek baru akan datang Sabtu pekan depan (25/1). Harga daging ayam potong di Kota Kediri pun cenderung turun.

Banyaknya stok dan berkurangnya permintaan konsumen diduga menjadi salah satu faktor penyebabnya. “Stok banyak sementara permintaan pelanggan sudah tidak seramai tahun baru lalu,” terang Agung, pedagang daging ayam ras di Pasar Setonobetek, Kota Kediri.

Laki-laki 35 tahun ini mengungkapkan, cuaca turut memengaruhi turunnya pembeli. Hujan deras yang mengguyur hampir tiap hari –bahkan pagi, siang, hingga malam—membuat pelanggan malas ke pasar.

Hari-hari ini, Agung hanya kulakan 1,5 kuintal daging ayam. “Padahal, kalau ramai, sehari bisa dua hingga tiga kuintal,” ungkapnya.

Harga ayam di Pasar Setonobetek Rp 27 ribu per kilogram (kg), Senin (13/1). Ini berbeda pada awal tahun baru lalu yang bisa mencapai Rp 34 ribu bahkan lebih.

Wahyuning, 30, pelanggan Pasar Setonobek, mengaku senang harga daging ayam turun. Apalagi, harga lauk lain justru naik hari-hari ini. “Ikan malah naik. Lha kalau ayam tidak turun, kan berat. Untungnya turun,” akunya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Kediri Ali Mansur menilai fluktuasi harga daging ayam itu masih dalam batas normal. Bahkan, sebenarnya, harga saat ini tidak bisa dikatakan turun.

“Masih di kisaran Rp 29 ribu hingga Rp 30 ribu. Itu masih wajar karena stok banyak,” katanya.

Menurutnya, turunnya harga itu dipengaruhi stok yang mencukupi. Banyak kandang ayam potong panen. Produknya membanjiri pasaran. Namun, perkembangan harga masih wajar. (ara)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia