Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Lalin Masih Buka-Tutup, Jembatan Kras Dibongkar Lagi

Antrean Arah Kediri dan Tulungagung Mengular

13 Januari 2020, 13: 00: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

SATU JALUR: Kendaraan melintas bergantian dari arah Kediri atau Tulungagung di atas Jembatan Kras yang dibongkar lagi untuk dicor, Minggu (12/1).

SATU JALUR: Kendaraan melintas bergantian dari arah Kediri atau Tulungagung di atas Jembatan Kras yang dibongkar lagi untuk dicor, Minggu (12/1). (SAMSUL ABIDIN-jp radar kediri)

Share this          

KRAS, JP Radar Kediri – Proses perbaikan Jembatan Kras yang menghubungkan wilayah Kediri dengan Tulungagung mulai dikerjakan. Seperti diketahui, sebelumnya, badan jembatan yang sudah berusia 28 tahun ini ambles di sisi utara.

“Proses perbaikan dikerjakan sejak Kamis (9/1) lalu,” ungkap Sutris, 44, pekerja proyek perbaikan kepada Jawa Pos Radar Kediri, Minggu (12/1).

Ia juga menjelaskan, proses perbaikan ini berbeda dengan sebelumnya. Plat baja yang sebelumnya dipasang untuk menutupi bagian yang ambles dipindahkan. Lalu, aspal yang menutupinya dikelupas.

Setelah aspal dikelupas, dilanjutkan dengan pengecoran. “Ditambahi rangka besi di bagian yang retak dan ambles. Setelah itu dicor,” tambah Hadi, 45, pekerja proyek lainnya.  Namun, hingga Minggu sore (12/1) urung dikerjakan. Lantaran alat pengolah material (molen) belum datang.

Sutris menambahkan, butuh waktu sekitar 12 hari agar hasil pengecoran ini kering secara sempurna. “Nunggu keringnya kan lama, apalagi musim hujan,” ungkapnya.

“Proses pengerjaannya dari pagi sampai malam, tergantung cuaca juga. Kan lagi musim hujan mas,” imbuhnya.

Sutris bersama enam orang pekerja lainnya bergantian untuk melakukan perbaikan ini. Agar secepatnya Jembatan Kras bisa difungsikan seperti sediakala.

Apakah ada perbaikan jembatan secara menyeluruh? Kedua pekerja tersebut kompak menjawab tidak ada. “Ya, cuma diperbaiki pada bagian yang ambles,” jawab keduanya. Sutris juga menjelaskan bagian bawah Jembatan Kras ini ambrol kemudian retak dan ambles.

Pantauan Jawa Pos Radar Kediri di lokasi perbaikan, para pekerja sibuk memasang besi yang ditambahkan pada bagian jembatan yang ambles. Akibat perbaikan ini, sistem buka-tutup lalu lintas diberlakukan baik dari arah Kediri maupun Tulungagung. Dan menyebabkan antrean mengular di kedua sisi jembatan. (c3)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia