Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Pohon Randu Tumbang, Jalan Plosokidul Macet

13 Januari 2020, 10: 10: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

pohon tumbang plosokidul

TIBA-TIBA ROBOH: Petugas Polsek Plosoklaten, BPBD Kabupaten Kediri, dan warga memotong pohon yang ambruk agar tak menghalangi jalan di Dusun Jengkol, Desa Plosokidul, Plosoklaten. (POLSEK PLOSOKLATEN for radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Pohon randu berusia puluhan tahun yang berada di Jalan Raya Dusun Jengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten mendadak tumbang, kemarin pagi (12/1). Ambruknya pohon berdiameter 100 sentimeter (cm) itu menimpa tembok gereja.

Batangnya juga mengenai kabel listrik. Akibat tembok tembat ibadah umat Nasrani tersebut mengalami kerusakan. Sedangkan kabel listrik yang tertimpa pun putus. Imbasnya, aliran listrik di lingkungan itu pun padam.

Tak hanya itu, ambruknya pohon pun mengakibatkan arus lalu lintas (lalin) jalur Plosoklaten–Pare macet sekitar satu jam. Kendati begitu, tidak ada korban jiwa dalam kejadian Minggu pagi itu.

Menurut Oni Sasminto, 30, warga Plosokidul, kondisi pohon randu setinggi lebih 15 meter tersebut sudah cukup tua dan lapuk. Akarnya pun telah uzur. Tanah tempat tumbuh pohon itu ditengarai gembur. Pasalnya, semalam sebelum kejadian turun hujan deras.

Makanya, kendati pagi kemarin angin tak bertiup kencang, akar dan batang lapuk tak kuat lagi menopang pohon tersebut. “Pohon randunya berada di sebelah kanan jalan, ya karena sudah tua juga makanya ambruk,” ungkap Oni.

Dia mengungkapkan, pohon tumbang menimpa tembok gereja dan mengenai kabel listrik. Akibat hal tersebut tembok gereja rusak dan listrik padam. Ketika itu, Oni dan Yudi, 47, tetangganya, sempat mengetahui kejadian pohon tersebut tumbang.

Mereka lantas melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Plosoklaten. “Kejadian pohon randu tumbang sekitar pukul 08.30 WIB,” ungkap Kasihumas Polsek Plosoklaten Bripka Mayanto Fadjar.

Mendapatkan laporan kejadian tersebut, personel Polsek Plosoklaten segera berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri. Itu agar cepat untuk dilakukan penanganan.

“Benar, ada pohon tumbang di lokasi Jengkol, Plosokidul. Jenisnya randu,” terang Kepala Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Kabupaten Kediri Windoko.

Kemudian, BPBD bersama anggota Polsek Plosoklaten serta warga melakukan pemotongan pada pohon randu yang tumbang. Proses pemotongan berlangsung sampai pukul 11.30 WIB. Penanganan menggunakan dua gergaji mesin dan parang untuk memotong dahan-dahan berukuran kecil.

Batang pohon randu yang tumbang tersebut menutupi seluruh badan jalan. Akibatnya merintangi jalur lalin. Jalan pun tidak bisa dilalui oleh semua jenis kendaraan. Sehingga petugas melakukan tindakan untuk pengalihan arus lalu lintas.

“Yang dari arah Wates ke Pare dialihkan ke sebelum Jembatan Bendo, Plosoklaten belok kiri tembus Brenggolo,” pungkas Mayanto.

Sedangkan dari arah Pare atau Simpang Lima Gumul (SLG) depan Mapolsek Plosoklaten ditutup. Dengan begitu, kendaraan roda empat maupun roda dua tidak bisa melintas.

Dengan kekompakan warga, petugas BPBD, serta anggota Polsek Plosoklaten, pohon tumbang tersebut dapat segera ditangani. Jalan raya pun dapat dilintasi oleh kendaraan.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia