Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Overload Sampah, Ini Solusi dari Pemkot Kediri

12 Januari 2020, 20: 57: 25 WIB | editor : Adi Nugroho

tpa klotok

MASIH BERGUNA: Kondisi TPA 2 Klotok yang hampir overload. Pemkot masih memanfaatkan lokasi itu untuk lokasi pembuangan. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.jawapos.com)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Pemkot masih akan memaksimalkan fungsi dua tempat pembuangan akhir (TPA) yang hampir overload di Klotok. Yaitu dengan memanfaatkan lokasi pembuangan sampah itu secara bergantian. Tak hanya menggunakan TPA 3 yang baru selesai dibangun.

Saat ini, pemkot telah membangun tiga TPA. Khusus untuk dua TPA yang lama kondisinya sudah penuh oleh sampah. Semua TPA itu berada di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto. Khusus untuk TPA 3 pembangunannya memang baru rampung.

“Bulan depan (TPA 3) kami operasikan,” terang Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Roni Yusanto.

Diberitakan sebelumnya, TPA 3 selesai dibangun pada 23 Desember lalu. Setelah diserahterimakan, DLHKP akan mengoperasikan tahun ini. Proyek senilai Rp 7,696 miliar itu dikerjakan oleh CV Bangkit Eka Jaya asal Kabupaten Gresik.

Roni menerangkan, pengoperasian TPA 3 menunggu tanah dalam kondisi baik. Sebab, saat ini curah hujan sangat tinggi. “Setelah setel baru kami operasikan,” ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan fungsi TPA 1 dan 2? Selama TPA 3 dioperasionalkan, kata Roni, dua TPA tersebut dinonaktifkan lebih dulu. Sehingga semua sampah masuk ke TPA 3. “Menjadi sel pasif. Sambil menunggu penyusutan,” terangnya.

Meski demikian, Roni mengatakan, bukan berarti dua TPA tersebut tidak bisa dimanfaatkan. Pihak DLHKP berencana untuk mengoperasionalkan secara bergantian untuk menangani sampah di Kota Kediri.

“Tetap bisa digunakan untuk pembuangan (sampah),” kata mantan Kabid Pertamanan DLHKP Kota Kediri ini.

Secara teknis untuk mengoperasionalkan kembali dua TPA, Roni mengatakan, pihaknya akan menggali TPA 1. Residunya akan diolah. Setelah lahan kembali kosong, sampah akan dibuang ke TPA 1. Dengan pengoperasian tersebut, TPA 3 untuk sementara waktu dihentikan.

Selanjutnya, penggalian kemudian dilakukan di TPA 2. Prosesnya sama seperti TPA 1. Yakni penggalian dan pengolahan residu. “Setelah aktif, giliran pembuangan sampah dilakukan di TPA 2. TPA 1 dan 3 berhenti dulu,” papar Roni.

Setelah itu, TPA 3 kembali dimanfaatkan. Dengan demikian, TPA I dan 2 akan ditutup. “Jadi begitu seterusnya untuk memanfaatkan tiga TPA secara bergantian,” katanya.

Selain memanfaatkan TPA yang ada, DLHKP juga berencana membuat TPA regional bersama Kabupaten Kediri. Sebelumnya, Kepala DLHKP Kota Kediri Didik Catur mengatakan persiapan dokumen TPA regional akan dimulai pada 2021 atau 2022. Pasalnya, diprediksi TPA 3 hanya berumur sekitar tiga tahun saja.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia