Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Sportainment

Sulit Dipotong, Banyak Rumah Rayap di Bawah Rumput Stadion Brawijaya

11 Januari 2020, 17: 07: 17 WIB | editor : Adi Nugroho

SULIT DIPANGKAS: Pekerja memotong rumput Stadion Brawijaya sebagai persiapan sebelum digunakan untuk pertandingan musim ini.

SULIT DIPANGKAS: Pekerja memotong rumput Stadion Brawijaya sebagai persiapan sebelum digunakan untuk pertandingan musim ini. (ANWAR B BASALAMAH-JP Radar Kediri)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri- Perawatan rumput Stadion Brawijaya tidak mudah seperti yang dibayangkan. Sebelum benar-benar layak dipakai di Liga 1 2020, pengelola stadion harus melakukan pemotongan dua kali. Begitu pula untuk pemberian pupuk.

Pengelola Stadion Brawijaya Purwanto mengatakan, pemotongan rumput sudah dilakukan pada Kamis lalu (9/1). Meski dikerjakan sejak pagi, pekerjaan memotong belum sampai separonya. “Siang hari sempat hujan, jadi sedikit terkendala,” ungkapnya.

Makanya kemudian dilanjutkan kemarin (10/1). Namun, menurut Purwanto, lagi-lagi pekerjaan terhenti karena rumput masih basah. Selaim hujan yang terjadi Kamis malam, embun membuat rumput sulit kering dalam waktu singkat. “Saat basah, sulit dipotong,” kata mantan wasit nasional ini.

Purwanto menerangkan, pemotongan rumput dilakukan setelah kondisinya kering. Sehingga, alat pemotong lebih mudah merapikan ketebalan rumput. Karenanya, pekerjaan rencananya akan diteruskan hari ini (11/1).

Dia mengungkapkan, pemotongan rumput dilakukan dua kali. Setelah pemotongan pertama, pihaknya akan kembali menaburi pupuk di lapangan. Selain menyuburkan rumput, pemberian pupuk dimaksudkan untuk membunuh hama.

Kemarin, saat pengecekan di beberapa titik, Purwanto masih menemukan hama di tanah. “Paling banyak ditemukan rumah rayap. Jadi kami perlu menaburi pupuk lagi,” katanya.

Setelah diberi pupuk dan rumput tebal kembali, pemotongan kedua akan dilakukan. Sambil memotong, pengelola stadion yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani itu bakal mengecek keberadaan hama di tengah lapangan. “Kami harus pastikan tidak ada hama lagi,” ucapnya. Targetnya rumput stadion kembali mulus sebelum akhir bulan ini. Saat verifikasi kedua dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), rumput sudah siap diuji coba. (baz)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia