Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Show Case

Belajar Bersama dengan Game Edukasi untuk Anak di Tambelangan Sampang

Ceria dengan KKN 42 UTM

05 Januari 2020, 16: 15: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

kkn 42 utm

SERU: KKN 42 Universitas Trunojoyo Madura saat belajar bersama siswa SDN Tambelangan 1. (KKN 42 UTM for radarkediri)

Share this          

SAMPANG - Bertempat di SDN Tambelangan 1 Desa/Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang kegiatan pengabdian masyarakat KKN 42 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) digelar. Selama 18 hari telah berlalu, sekelompok mahasiswa melakukan pengabdian di desa yang penuh dengan keceriaan anak desa.

“Dengan adanya perkembangan teknologi di era milenial Industri 4.0  semakin pesat tidak sepatutnya menjadi hantu bagi masyarakat. Justru hal tersebut harus dikenalkan pada anak sejak usia dini, dengan harapan masyarakat desa tetap setara dengan masyarakat kota,” ujar salah satu anggota kelompok pengabdian masyarakat 42 UTM.

Belajar sambil bermain tentunya sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Apalagi anak-anak yang berusia 8 tahun bisa dikatakan masih belia dalam lingkungan masyarakat Desa Tambelangan yang cukup jauh dari lingkungan kota.  “Kak, aku mau dong main laptop, kayak kakak gitu,” ungkap gadis kecil siswa kelas 3 yang bernama Echa, Rabu (1/1/2020) lalu.

universitas trunojoyo

SEJAK DINI: Materi game edukasi yang disampaikan KKN 42 UTM. (KKN 42 UTM for radarkediri)

Pernyataan gadis kecil tersebut menjadi stimulus kuat bagi KKN 42 UTM untuk memberikan game edukasi dalam pembelajaran matematika. Khusunya dalam materi penjumlahan.

Pak Kowim, guru kelas SDN Tambelangan 1 memberikan dukungan sepenuhnya bagi KKN 42 UTM agar bisa belajar bersama para siswa. “Di sini ada proyektor juga, jadi boleh nanti digunakan bersama. Kebetulan minggu ini juga masih belum efektif dalam pembelajaran,” papar guru kelas 5 ini.

Setelah dipelajari, game edukasi siap diujikan. Sabtu (4/1/2020) KKN 42 UTM memulai kelas pada pukul 08.00 WIB. Anak-anak kelas 1 sampai dengan kelas 3 begitu antusias ketika kami memasuki gerbang sekolah. Budaya dalam dunia pendidikan senyum, sapa, salam, dan cium tangan.

 Setelah semuanya masuk dan duduk rapi di dalam kelas, seperti biasa sesuai Kurikulum 2013 untuk   menguatkan kebijakan Kemdikbud dalam mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo, anggota KKN 42 UTM dan anak-anak melakukan tepuk Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bersama. Setelah melakukan tepuk PPK, game edukasi pun dimulai. Anak-anak begitu antusias dengan game tersebut dan semoga nantinya materi penjumlah bisa tuntas dan para siswa lulus dari KKM.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia