Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Events

Geliat Destinasi Wisata Desa di Kediri

Magnet Baru untuk Menarik Pelancong

02 Januari 2020, 17: 09: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

wisata desa jambu

SEMAKIN BERAGAM: Pelancong mengunjungi Kebon Bibit yang ada di Jalan Raya Pare-Papar. Ini salah satu daya tarik Desa Wisata Jambu yakni ramai dikunjungi setiap akhir pekan. (Didin Saputro - radarkediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Semakin banyak pilihan wisata di Kabupaten Kediri. Hal ini membuat banyak pengunjung dari luar daerah berdatangan. Tak terkecuali bertambahnya destinasi berbasis desa wisata yang semakin masif.

Hal tersebut membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri ikut mendorong perkembangan desa wisata. Perkembangan desa wisata memang terlihat selama 2019. Setidaknya ada puluhan desa yang berlomba mengembangkan potensi pariwisatanya.

Seperti halnya Desa Wisata Jambu. Dalam beberapa tahun terakhir, desa yang terletak di Kecamatan Kayenkidul ini mendapat respons kunjungan yang luar biasa. Data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Kediri, hingga November tahun ini saja, Desa Jambu sudah kedatangan 210 ribu wisatawan.

kebun bunga kedungmalang

MENARIK: Kebun bunga di Desa Kedungmalang, Papar. (Didin Saputro - radarkediri)

Bahkan 73 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara. Tentu dari total kunjungan tersebut menjadikan desa yang terkenal akan tanaman kelengkengnya ini berada di urutan pertama dibanding desa wisata lain di Kabupaten Kediri.

Selain Desa Wisata Jambu, geliat perkembangan pesat juga ditunjukkan Desa Mejono dengan wisata andalan Gronjong Wariti. Tak hanya itu, di Desa Kedungmalang, Papar juga, wisatawan bisa menikmati kebun bunga yang indah.

Setidaknya pada 2019 total ada 75 ribu wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang mendapat peringkat terbaik bidang pengelolaan wisata Anugerah Desa Kabupaten Kediri 2019 ini.

Tentu saja, dengan perkembangan desa-desa tersebut membuat pemkab tak tinggal diam. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Krisna Setiawan mengungkapkan, pemkab sangat mengapresiasi sekaligus mendorong perkembangan desa wisata ini.

“Salah satu yang sudah dilakukan adalah dengan mengadakan berbagai program kegiatan yang dapat mendukung pengembangan desa wisata,” ujarnya.\

Dongkrak Kapasitas SDM dan UMKM 

Tak hanya potensi wisatanya, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kediri juga mendukung pengembangan sektor-sektor lain yang terkait. Utamanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Misalnya, peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam pengelolaan desa wisata.

Hal ini, menurut Kepala Diskominfo Krisna, diperlukan supaya pelaku pengembangan desa wisata mempunyai banyak ide serta kreativitas dalam mengembangkan dan mengelola desa wisatanya. “Selain itu tentunya sektor ekonomi kreatif yang mendukung desa wisata harus diperhatikan,” ungkapnya.

Krisna menambahkan, pemkab terus mendorong agar desa wisata semakin kreatif dan inovatif. Hal itu untuk keberlanjutan desa wisata agar tetap eksis ke depan. “Dan menjadi pilihan menarik bagi wisatawan dari luar daerah,” imbuhnya.

Dengan beragamnya desa wisata di Kabupaten Kediri ini, Krisna menyebut, tentu semakin mempengaruhi peningkatan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kediri. Apalagi sejauh ini kunjungan wisatawan banyak didukung oleh semakin banyaknya wisata baru dan pergerakan desa wisata yang terus bermunculan.

“Belum wisata-wisata swasta lain yang ada di Kabupaten Kediri yang semakin beragam,” tandasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia